Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Amalan Untuk Mengobati Penyakit Hati Menurut Islam

9 Amalan Untuk Mengobati Penyakit Hati Menurut Islam
Abusyuja.com – Menurut Ibnu Qayyim, ada dua penyakit yang bisa menjangkit manusia, yaitu penyakit fisik dan penyakit batin.

Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Orang yang terkena penyakit fisik akan menggugurkan dosa manakala orang yang dijangkit sabar menghadapinya.

Tetapi sebaliknya, orang yang terkena penyakit batin atau hati justru akan mempertebal dosa apabila orang yang terjangkit sabar dan membiarkan penyakitnya.

Penyakit fisik adalah penyakit yang dapat dilihat dan dapat diobati dengan obat racikan dokter.

Sedangkan penyakit batin sifatnya tidak tampak, ia hanya dapat diobati dengan amaliah khusus yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadis.

Penyakit batin atau penyakit hati adalah sesuatu yang dapat mengganggu keimanan manusia. Sebab, keduanya sama-sama bertempat di hati.

Penyakit hati jumlahnya ada banyak, di antaranya yaitu, hasud, iri, dengki, dendam, munafik, dan masih banyak lagi. Berikut 9 amalan pengobat penyakit hati sesuai Al-Qur’an dan Hadis Nabi Saw.

1.Berziikir

Dengan berzikir, hati kita akan menjadi tenang dan Qana’ah. Selain untuk mengobati hati, berzikir juga memiliki khasiat yang banyak sekali.

2. Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah nur (cahaya). Dengan membaca Al-Qur’an, hati seseorang akan disinari cahaya, hidayah, dan rahmat dari Allah Swt. Setelah membaca Al-Qur’an, seseorang akan merasa tenang dan damai, sekaan beban pikiran yang dipikul telah diringankan oleh Allah Swt.

3. Wudu

Dengan berwudu, pandangan akan menjadi tenang, wajah akan memancarkan aura kedamaian. Dengan berwudu, tubuh akan dinilai suci dari segala najis dan hadas, terlindungi dari godaan setan, dan terhindar dari berbagai penyakit hati.

4. Melaksanakan Salat

Dengan mendirikan salat, seseorang akan selalu ingat dan dekat kepada Allah, dan dengan salat pula, seseorang akan semakin takut akan siksaan-Nya. Itulah sebaik-baiknya keadaan.

5. Menyambung Silaturrahim

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain, maka sifat dengki, dendam, berprasangka buruk, dan sejenisnya akan hilang dari hati kita.

6. Bersedekah

Dengan bersedekah, hubungan yang renggang akan menjadi erat kembali. Dari hikmah inilah seseorang akan terjaga tali persaudaraannya/pertemanannya.

7. Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Dengan memaafkan kesalahan orang lain, maka kebencian, dendam, dan rasa ingin menyakiti, dan sejenisnya akan musnah selamanya.

8. Ingat Pertanggungjawaban

Dengan mengingat tanggungjawab atas semua perbuatan di bumi kelak, maka kedengkian, iri, hasud, dan dendam akan dapat diredam.

9. Mengingat Dosa dan Kematian

Dengan mengingat dosa dan kematian, tentu seseorang akan terus berhati-hati di dalam bersikap dan melangkah.

Itulah 9 obat agar disembuhkan dari penyakit hati. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam