Download Terjemah Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim PDF

Daftar Isi

Download Terjemah Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim PDF
Abusyuja.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya dari ulama besar NU sekaligus pendiri NU, yaitu KH. Hasyim Asy’ari. Tetapi sebelumnya, kami akan memaparkan sedikit mengenai profil singkat beliau beserta substansi dari kitab beliau ini.

Sekilas tentang pengarang Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim

Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim dikarang oleh KH. Hasyim Asy’ari. Beliau bernama lengkap Muhammad Hasyim Asy’ari, lahir di Gedang Kabupaten Jombang Jawa Timur pada 14 Februari 1871 atau 24 Zulkaidah 1287.

Beliau adalah pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, sekaligus menjadi Rais Akbar di organisasi tersebut. Beliau diberi gelas Hadratussyaikh (Maha Guru) karena telah menghafal hadis 6 riwayat (Kutubus Sittah/enam kitab), serta bergelar Syaikhana Masyayikh atau gurunya para guru.

Sejak berusia 15 tahun, Hasyim muda mengembara untuk menimba ilmu di berbagai pesantren, di antaranya yaitu Pondok Pesantren Wonokoyo Probolinggo, Pondok Pesantren Langitan di Tuban, Pondok Pesantren Kademengan di Bangkalan, Pondok Pesantren Siwalanpanji di Sidoarjo, dan Pondok Pesantren Trenggilis di Semarang

Pada tahun 1892, beliau menimba ilmu di Mekkah dan berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Minangkabau (guru fiqih KH. Hasyim Asy’ari mazhab Syafii), Syekh Muhammad Mahfudz at-Tarmasi, Sayyid Husein Al-Habsyi, Syekh Ahmad Amin Al-Aththar, Syekh Ibrahim Arab, Syekh Said Yamani, dan masih banyak lagi.


Pada tahun 1899, sepulangnya menimba ilmu dari Makkah, beliau mendirikan Pondok Pesantren Tebu Ireng. Dan di tahun 1926, beliau menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama.

Sekilas tentang Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim

Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim merupakan kitab fenomenal karya ulama kita, KH. Hasyim Asy’ari. Kitab ini sudah menjadi rujukan di berbagai pesantren di seluruh pelosok tanah air, khususnya dalam bidang akhlak atau etika antara guru dan murid.

Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim ini dibagi menjadi VIII (delapan) BAB. Di awali BAB I yang membahas tentang keutamaan Ilmu atau fadillah Ilmu. Di dalam bab tersebut dijelaskan bagaimana cara menjadi orang yang ahli ilmu, keutamaan diskusi atau musyawarah ilmiah atau keilmuan, serta kriteria ulama yang ikhlas.

Di BAB II, kitab ini menjelaskan adab, etika, atau akhlak seorang santri (pelajar) kepada dirinya sendiri. Di BAB III membahas tentang akhlak seorang pelajar (murid) terhadap gurunya. Dan di BAB IV membahas tentang akhlak santri terhadap pelajarannya sendiri.

Di BAB V membahas tentang akhlak seorang ustaz terhadap dirinya sendiri, seperti bertindak atau berperilaku sesuai sunah Nabi, zuhud, dan semangat dalam mengajar.

Di BAB VI membahas tentang akhlak ustaz atau guru saat mengajar, seperti perilaku guru terhadap murid atau santrinya, serta tata krama seorang guru saat mengajar.

Di BAB VII membahas tentang akhlak guru ketika sedang bersama muridnya, seperti keseriusan guru dalam mengajar dan keadilan guru yang merata kepada muridnya.

Dan di BAB VIII, kitab ini membahas tentang adab murid dengan buku-bukunya.

Kitab ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pelajaran, baik untuk guru maupun murid. Lazimnya, kitab ini sering dikaji rutin (seminggu sekali) kepada santri-santri pondok karena sifatnya yang sangat fundamental.


Download Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim ini secara “gratis” baik yang versi terjemah maupun arabnya. Berikut link downloadnya:

Demikian pembahasan singkat mengenai Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim lengkap dengan profil pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam