Download Terjemah Kitab Mantiq Sullam Munauruq PDF

Daftar Isi

Download Terjemah Kitab Mantiq Sullam Munauruq PDF
Abusyuja.com – Ilmu Mantiq merupakan ilmu yang membahas tentang alat untuk berpikir, hukum-hukum dalam berpikir sebagai formula agar seseorang tidak tersesat atau selamat dari cara berpikir yang keliru.

Ilmu Mantiq tentunya sangat penting untuk dipelajari karena ilmu tersebut mengajak kita untuk berpikir secara sistematis, terukur dan mendalam, dan yang tak kalah penting adalah agar logika kita dapat kritis, tepat, runtut, konsisten, dan benar dalam menelaah sebuah masalah.

Salah satu kitab yang menjadi pegangan wajib dalam mempelajari Ilmu Mantiq adalah Kitab Sullam Munauruq yang akan kami bagikan ini. Tetapi sebelumnya, kami akan memaparkan secara singkat mengenai pengarangnya.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Sullam Munauruq

Kitab Sullam Munauruq merupakan salah satu kitab bidang Mantiq paling populer di kalangan pesantren. Kitab ini dikarang oleh Syaikh Zaid Abdurrahman al-Khadri. Beliau lahir di Benthious Barat, Aljazair pada tahun 918 Hijriah atau 1512 Masehi, dan wafat pada tahun 953 Hijriah atau 1546 Masehi.

Mengenai tahun kelahiran beliau masih menjadi perdebatan di kalangan ahli sejarah. Ada yang mengatakan tahun 1504, tahun 1546, dan ada juga yang mengatakan lahir tahun 1515 Masehi.

Akan tetapi, di akhir Kitab Matan Sullam Munauruq, beliau mengatakan bahwa kitab tersebut selesai dikarang pada saat usia beliau masih 21 tahun pada tahun 941 Hijriah. Itu artinya, kemungkinan besar beliau lahir pada sekitar tahun 920 Hijriah atau 1514 Hijriah.


Beliau dibesarkan di lingkungan yang berpegang teguh pada syariat Islam, dan memberi berbagai hal yang berbau menyalahi kitab dan sunah. Bapak beliau Muhammad ash-Shughayyar, merupakan ulama besar, kakek belia bernama Syekh Muhammad bin Amir, merupakan salah satu ulama tasawuf masyhur pada masanya.

Beliau belajar ilmu agama oleh ayahnya sendiri dan dibantu oleh kakanya, Syekh Ahmad. Beliau juga belajar kepada beberapa guru dari daerah Zab, di antara yaitu, Syekh Shufi Abdur Rahman bin Laqrun, Syekh Abu Thaiyib, dan Syekh Abdul Hadi al-Fathnasi.

Beliau juga belajar dengan ulama besar Aljazair, yaitu Syekh Umar bin Muhammad al-Kumad al-Anshari al-Qusanthy yang masyhur dikenal dengan nama al-Wazan.

Di usia muda, beliau telah menguasai berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu Mantiq, Ilmu Falak, Ilmu Hisab, Ilmu Balaghah, Ilmu Nahwu, Tauhid, Fiqih, Tasawuf, dan masih banyak lagi. Di waktu senggang, beliau juga sering berkhalwat, berzikir, dan memfokuskan diri beribadah kepada Allah Swt.

Beliau termasuk ulama yang produktif dan melahirkan karya-karya fenomenal, di antara kitab-kitab karangan beliau yaitu Nadham Risalah fi ilm Hisab, Ad-Durrah al-Baidhah fil Hisab wa al-Faraidh, Matan al-Kahdhari fi al-`ibadah, Mandhumah al-qudsiyah, Qashidah al-Lamiyah fi Tasawuf wa al-Irsyad ad-Diny, Matan Sulam Murawnaq fi ilm Mantiq, Mandhumah as-Siraj fi Ilm al-falak, al-faraid al-Ghurra` fil Tauhid, dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Kitab Matan Sullam Munauruq

Kitab Matan Sullam Munauruq merupakan kitab dasar yang sangat cocok dikonsumsi oleh pelajar yang hendak menekuni ilmu dasar Mantiq.

Di dalam kitab tersebut terdapat beberapa sentilan fundamental ilmu Mantiq yang diracik dalam bentuk fasal atau pasal. Sedangkan di dalam pasal tersebut terdapat beberapa bait nazam.

Adapun kajian yang dibahas di dalam Kitab Matan Sullam Munauruq antara lain: kedudukan ilmu Mantiq, hukum mempelajari ilmu Mantiq, jenis-jenis ilmu Mantiq, Klasifikasi ilmu Mantiq, penjelasan Dilalah (indikasi) dan klasifikasi mengenai indikasi itu sendiri, pembahasan lafaz, teori perbandingan dalam sebuah lafaz, justifikasi terhadap lafaz-lafaz Kulli-Kulliyah, Juz'i dan Juz'iyah, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Matan Sullam Munauruq Terjemah dan Versi Arab PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan link download Kitab Matan Sullam Munauruq versi terjemah dan bahasa Arab dalam bentuk PDF. Berikut link downloadnya:


Demikian pembahasan singkat mengenai Kitab Matan Sullam Munauruq lengkap dengan biografi pengarangnya dan penjelasan dari substansi kitabnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A'lam