Download Kitab Al-Umm PDF Lengkap Terjemah dan Arab

Daftar Isi

Abusyuja.com – Al-Umm adalah salah satu kitab fikih Syafii paling populer. Kitab ini adalah fase terakhir tentang pembuktian kematangan ijtihad Imam Syafii setelah berpuluh-puluh tahun mengabdikan umurnya mencari ilmu.

Kitab Al-Umm adalah kitab terakhir yang ditulis oleh Imam Syafii, maka kita ini disebut sebagai mazhab Jadid Imam Syafii atau mazhab terbaru dari Imam Syafii.

Dalam perkembangan mazhab selanjutnya, kitab Al-Umm berhasil menjadi pelopor dilahirkannya ratusan bahkan ribuan kitab fikih bermazhab Syafii.

Menurut Rif’at Fauzi, kitab Al-Umm ini memiliki lima macam konsep tulisan:

  1. Furu’ fikih, yaitu pembahasan fikih secara terperinci terkait halal dan haram dan hukum berbagai amal perbuatan maupun benda. Model konsep tulisan seperti ini adalah bagian terbesar dari kitab Al-Umm.
  2. Ushul Fikih yaitu pembahasan seperti ar-Risalah, Ikhtilafu al-Hadis, Jima’ al-‘Ilmi.
  3. Fikih Muqoron yaitu pembahasan seperti Ikhtilaf Malik wa Syafi’i, Ikhtilaf Abu Hanifah wa Abi Laila.
  4. Ayat-ayat hukum dan tafsirnya yang disebut Imam Syafii sebagai bentuk dalil atas hukum fikih yang digalinya.
  5. Hadis-hadis dan atsar hukum dengan sanad muttasil (bersambung) sebagai dalil pembahasan hukum.

Apabila ada topik pembahasan yang ada pertentangannya (ikhtilaf), beliau memiliki dua metode dalam penyampaiannya.

Pertama, beliau menyebut ikhtilaf dan langsung membahasnya setelah menjelaskan pendapat beliau sendiri.

Kedua, beliau menyendirikan pembahasan ikhtilaf tersebut dalam pembahasan khusus di akhir topik. Biasanya beliau membahasnya cukup komprehensif yang mencakup semua aspek ilmiah fikih, diskusi, dan istidlalnya.

Kitab ini memiliki sudut pandang pembahasan yang sangat luas. Kitab yang terdiri yang 11 juz ini diperuntukkan untuk mereka yang sudah ahli dalam bidang fiqih, khususnya dalam masalah fundamental fikih,  khilafiah ulama, dan berbagai perbandingan mazhab.

Kitab ini kurang cocok untuk pemula, mengingat pembahasannya yang begitu kompleks dan terkadang ditemukan beberapa penjelasan yang sangat sulit ditelaah oleh orang awam.

Download Kitab Al-Umm PDF versi Terjemah Indonesia


Download Kitab Al-Umm PDF Versi Bahasa Arab


Profil Singkat Imam Syafii

Imam Syafii lahir pada tahun 150 Hijriah di Gaza. Tahun tersebut bertepatan dengan tahun meninggalnya Abu Hanifah. Imam Syafii adalah satu dari imam empat mazhab yang diakui di Indonesia. Dan umat Islam di Indonesia mayoritas mengikuti mazhab beliau, khususnya dalam bidang fikih dan hadis.

Sejak kecil, ia telah mencintai ilmu sastra. Ia mengembara berbuluh-puluh tahun untuk mencari ilmu, mulai dari ke Makkah, Kufah, Irak, bahkan hingga ke Persia, Turki, Palestina, hingga akhirnya beliau memutuskan untuk menetap di Mesir.

Demikian pembahasan singkat mengenai kitab Al-Umm lengkap dengan link downloadnya lengkap. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A'lam

IKUTI BLOG