Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Pendidikan Anak dalam Islam

Pentingnya Pendidikan Anak dalam Islam
Abusyuja.com – Pendidikan anak dimaksudkan untuk mengembangkan semua potensi anak yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Pendidikan adalah hal terbaik yang dapat diberikan orang tua kepada buah hatinya. Nabi Muhammad Saw. bersabda:

Tidak ada suatu pemberian apapun yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.(HR. Hakim)

Negara juga melindungi hak anak untuk mendapatkan pendidikan. Sebagaimana Pasal 31 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi:

Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.”

Hal ini sejalan dengan UUD No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pasal 9 ayat 1 yang berbunyi:

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai minat bakatnya.”

Mengasuh dan mendidik anak adalah tanggung jawab bersama kedua orang tuanya. Ayah dan ibu harus saling mendukung dalam mengasuh dan mendidik anak.

Orang tua perlu mengedepankan kebersamaan dan musyawarah dalam mendidik anak. Sehingga tidak ada yang merasa menderita sendirian dalam menanggung beban pengasuhan dan pendidikan anak.

Menurut Imam Abu Hamid al-Ghazali dalam kitabnya, Ihya’ Ulumudin, dijelaskan bahwa:

Pendidikan anak adalah urusan yang sangat penting dan harus diutamakan dari urusan lainnya. Apabila anak dididik dengan baik, dia akan tumbuh menjadi orang baik, saleh/salehah, dan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat. Setiap orang tua yang mendidiknya akan memperoleh pahala atas amalan kebaikan yang dilakukannya.”

Mengasuh dan mendidik anak juga merupakan salah satu amalan ibadah bagi orang tua. Dalam hadis Muslim, Nabi Saw. bersabda:

Apabila seorang anak Adam mati, putuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh-salehah yang mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. Muslim)

Tujuan pendidikan menurut Islam adalah terciptanya insan kamil (manusia sempurna). Sempurna dalam arti memegang nilai-nilai Islam dan moral yang baik, memiliki kesehatan jasmani yang baik, bahagia, memiliki jiwa sosial yang baik, sejahtera dalam materi, dan memiliki keluarga yang harmonis.

Tujuan pendidikan tetap terkait dengan tujuan diciptakannya manusia. Allah Swt. menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya, dan juga agar memakmurkan bumi, dan membuat alam menjadi lestari.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, sejak awal orang tua perlu memiliki gambaran yang jelas dan detail.

Tujuan yang jelas akan menuntun kita untuk menuju ke sana. Tujuan yang jelas akan mengingatkan kita akan upaya-upaya dan tugas-tugas yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika kita tidak memiliki gambaran yang jelas dan detail, kita juga tidak akan tahu bagaimana dapat mencapainya.

Bagi orang tua, setidaknya ada tiga hal yang harus diberikan kepada anak sejak dini. Apa saja itu?

Pertama, beri mereka makanan dan minuman yang halal. Sebab, makanan yang buruk dan haram akan mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani mereka.

Kedua, didiklah dengan halus. Didik mereka dengan kehangatan kasih sayang. Ajari mereka dasar-dasar agama dengan pendekatan yang baik. Jangan pernah sekali-kali memakai kekerasan.

Ketiga, menangislah di hadapan Allah Swt. Biasakan diri untuk bersimpuh di sepertiga malam. Mintalah agar diberi keturunan yang saleh dan salehah, bermanfaat untuk agama, masyarakat, dan negara.

Itulah pembahasan singkat mengenai pentingnya pendidikan anak dalam Islam. Semoga Allah memberi kemudahan dalam mendidik anak-anak kita, amin. Wallahu A’lam