Download Kitab Al-Muwatta Imam Malik PDF

Daftar Isi

Download Kitab Al-Muwatta Imam Malik PDF
Abusyuja.com – Al-Muwatta, Al-Muwaththa, atau Muwatta Malik, adalah kitab dalam bidang hadis dan fikih yang ditulis oleh Imam Malik bin Anas, dan menjadi salah satu kitab yang masuk dalam Kutubut Tis’ah (sembilan kita hadis utama di kalangan suni).

Kitab ini dinamakan al-Muwatta’ karena pada zaman itu gencar menjadi bahan pembicaraan umat muslim. Maksudnya kitab ini sangatlah masyhur karena mudah dipahami dan diambil faedahnya.

Dalam kitab Tanwir al-Hawalik as-Suyuthi dijelaskan bahwa beliau (Imam Malik) telah menunjukkan kitab ini kepada 70 ulama ahli fikih Madinah dan kemudian setelah mereka semua menyepakati atas apa yang dibahas dalam kitab ini, beliau kemudian memberi nama kitab ini al-Muwatta’.

Kitab ini juga tidak hanya berisikan hadis-hadis dari Rasulullah Saw, tetapi juga terdapat atsar (perkataan) dari para sahabat dan fatwa-fatwa dari para tabiin.

Menurut riwayat dari Yahya bin Yahya al-Andalusi, hadis yang ada di dalam kitab ini mencapai 853 hadis, akan tetapi Imam Abu Bakar al-Abhari berkata lain. Beliau mengatakan ada 1720 hadis, yang bersanad sebanyak 600, yang jenis hadis mursal sebanyak 222, hadis mauquf sebanyak 613, dan fatwa tabiin sebanyak 258. (Tajrid at-Tamhid hal. 258 dan Tanwir al-Hawarik hal. 80)


Perbedaan dalam masalah jumlah hadis dalam kitab Al-Muwatta’ adalah sebuah hal yang wajar. Mengingat berbeda-bedanya orang yang meriwayatkan dari Imam Malik. Apalagi beliau juga selalu membersihkan dan memperbaiki kitab ini bahkan selama kurang lebih 40 tahun.

Sekilas Tentang Imam Malik, Penulis Kitab Al-Muwatta’

Kitab Al-Muwatta’ dikarang oleh Malik bin Anas (Arab: مالك بن أنس). Nama lengkap beliau adalah Malik bin Anas bin Malik bin ‘Amr, al-Imam, Abu ‘Abdallah al-Humyari al-Asbahi al-Madani.

Beliau lahir di Madinah pada tahun 711 Masehi atau 90 Hijriah dan meninggal pada tahun 795 Masehi atau 174 Hijriah.

Beliau adalah pakar ilmu fikih dan hadis, serta pendiri Mazhab Maliki, salah satu dari empat mazhab terbesar di dunia. Bahkan beliau juga merupakan guru dari Muhammad bin Idris (Imam Syafii), pendiri mazhab Syafii yang sekarang menjadi mazhab terbesar yang dianut oleh mayoritas muslim di Indonesia.

Imam Malik bin Anas merupakan sosok yang sangat cerdas. Pada suatu ketika beliau pernah dibacakan 31 hadis Rasulullah dan seketika itu ia mampu mengulanginya dengan baik dan benar tanpa harus mencatatnya terlebih dulu.

Beliau menerima hadis dari 900 orang (guru), 300 dari golongan tabiin, dan 600 dari golongan tabiin-tabiin. Beliau juga jarang sekali keluar dari Madinah. Ia lebih memilih menyibukkan diri dengan mengajar dan berdakwah di kota kelahirannya tersebut, sekaligus menjadi kota tempat wafatnya Rasulullah Saw. Namun sesekali ia juga ke pergi ke Makkah untuk menunaikan ibadah Haji.

Di antara guru-guru beliau adalah Amir bin Abdullah bin Az-Zubair, Ibnul Munkadir, Abdullah bin Dinar, Nafi’ bin Abi Nu’aim, Nafi’ al Muqbiri, Na’imul Majmar, Az-Zuhri, dan masih banyak lagi.

Di antara murid-murid beliau adalah Imam Syafi’i, Abu Hudzafah as Sahmi, Az Zubairi, Ibnu Wahb, Ibnu Qasim, Al Qa’nabi, Abdullah bin Yusuf, Sa’id bin Manshur, Yahya bin Yahya al-Andalusi, Yahya bin Bakir, Qutaibah Abu Mush’ab, Al-Auza’i, Sufyan ats-Tsauri, Sufyan bin Uyainah, Ibnul Mubarak, Al Qaththan, Ibnu Mahdi, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Al-Muwatta’ PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan kitab Al-Muwatta’ dalam format PDF:

Download Kitab Al-Muwatta’ Terjemah Bahasa Inggris PDF:


Download Kitab Matan Al-Muwatta’ PDF Bahasa Arab

Download Kitab Syarah Al-Muwatta’ PDF 5 Juz:

Download Terjemah Kitab Al-Muwatta' PDF Indonesia

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kitab Al-Muwatta’ lengkap dengan profil pengarang dan link dowloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam