Download Kitab Safinatun Najah PDF (Terjemah dan Bahasa Arab)

Daftar Isi

Download Kitab Safinatun Najah PDF (Terjemah dan Bahasa Arab)
Abusyuja.com – Kitab Safinatun Najah merupakan sebuah kitab ringkas tentang dasar-dasar ilmu fikih dengan haluan mazhab Syafii. Kitab ini merupakan pegangan wajib bagi pelajar pemula karena sifatnya yang mudah dipahami.

Isinya ringkas, bahasanya ringan, dan hampir semua dari isi kitab ini adalah simpulan-simpulan hukum fikih saja tanpa menyertakan dalil dan dasar pengambilan dalil dalam penetapan hukum.

Kitab yang ditulis oleh Syekh Salim Sumair al-Hadhrami ini sangat populer di kalangan pesantren, khususnya pondok-pondok pesantren berbasis Nahdliyyin (NU). Bahkan banyak yang sudah memasukkannya sebagai sala satu materi kurikulum dasar yang harus dipelajari oleh para santri pemula.

Meskipun ringkas, Safinatun Najah bukanlah kitab sembarangan. Kitab ini memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dakwah Islam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Setiap pelajar atau santri dari madrasah atau pondok pesantren pasti pernah mencicipi kitab ini.

Sebelum ke link download kitab Safinatun Najah, kami akan paparkan secara singkat profil pengarangnya:

Sekilas tentang pengarang kitab Safinatun Najah

Kitab Safinatun Najah dikarang oleh Syekh Salim bin Sumair al-Hadhrami. Nama lengkap beliau adalah Syekh Salim bin Abdillah bin Sa’ad bin Abdullah bin Sumair al-Hadhrami as-Syafi’i. beliau adalah seorang fakih, qadhi, politikus, dan ahli dalam kemiliteran. Beliau pernah diutus untuk belajar strategi perang kepada dinasti Katsiriah di India.

Beliau lahir di daerah Dzi-Asybah, Hadramau, Yaman. Terlahir dari garis keturunan ulama. Ayahnya adalah Syekh Abdullah bin Said, tokoh masyhur sekaligus ulama yang disegani masyarakat. Beliau adalah guru pertama Syekh salim yang mengajarkan berbagai ilmu agama.

Syekh Salim dikenal sangat santun, ahli berzikir, serta gemar membaca Al-Qur’an. Bahkan dalam sebuah riwayat beliau mampu mengkhatamkan Al-Qur’an ketika sedang melaksanakan tawaf.

Beliau tutup usia di daerah Betawi atau Jakarta pada 1271 Hijriah. Namun tidak ada informasi pasti mengenai makamnya. Akan tetapi ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa makamnya ada di belakang masjid al-Makmur Tanah Abang.

Sekilas Tentang Kitab Safinatun Najah

Kitab ini berisikan fikih-fikih dasar bermazhab Syafi’i. Di awal-awal bab, kitab ini membahas tentang pemahaman paling fundamental dalam Islam, yaitu rukun Islam, rukun Iman dan pengertian lafaz Lailaha Illallah.

Kemudian dilanjut dengan pembahasan seputar bersuci, seperti istinja, fardu dan rukunnya wudu, pengertian niat dan tertib, pembahasan air, wajibnya mandi, fardu dan rukunnya mandi, perkara yang membatalkan wudu, larangan bagi yang sudah memiliki wudu, junub, haid, pembahasan tayamum, dan masih banyak lagi.

Dilanjut lagi dengan pembahasan najis, fikih wanita (haid dan nifas), dan pembahasan hadas dan aurat. Setelah itu ada pembahasan salat, mulai dari rukunnya, fardunya, syarat dan ketentuan-ketentuan lainnya.

Dan di akhir pembahasan ada ketentuan mengenai perawatan jenazah, zakat, puasa, kafarat, dan masih banyak lagi.

Download kitab Safinatun Najah PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan link download kitab Safinatun Najah PDF lengkap dengan kitab syarahnya. Berikut linknya:

Download Terjemah Kitab Safinatun Najah PDF Lengkap

Download Kitab Safinatun Najah PDF bahasa Arab

Download Kitab Kasyifatus Saja (Syarah dari Safinatun Najah)

Download Kitab Ghayatul Muna (Syarah dari Safinatun Najah)

Itulah pembahasan singkat mengenai kitab Safinatun Najah lengkap dengan profil pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam