Doa dan Beberapa Amalan di Malam Nisfu Syakban

Daftar Isi

Abusyuja.com – Bulan Syakban merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan dalam Islam.

Di Bulan Syakban, ada yang namanya malam Nisfu Sya'ban, yaitu malam yang sangat istimewa bagi umat muslim. Di dalam malam tersebut terdapat keberkahan dan ampunan yang sangat luar biasa.

Pada tahun 2022 ini, malam Nisfu Sya'ban jatuh pada Kamis 18 Maret 2022 atau malam Jumat.

Maka dari itu, banyak sekali amalan yang dapat diamalkan pada bulan ini, dengan tujuan sebagai wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Tidak hanya itu, ada pula beberapa doa khusus yang dipanjatkan kepada-Nya pada malam Nisfu Sya'ban. Hal itu tak lain ditujukan untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari-Nya.

Doa malam Nisfu Sya'ban:

Doa dan Beberapa Amalan di Malam Nisfu Syakban

Beberapa amalan di malam Nisfu Sya'ban:

Selain doa, ada amaliah lain yang biasa dilakukan warga Nahdlatul Ulama (NU) ketika malam Nisfu Sya'ban, di antaranya yaitu Mujahadah Malam Nisfu Sya'ban. Berikut ketentuannya: (IJAZAH DARI KH. M. NAJIB ABDUL QADIR, Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta)

  1. Setelah selesai salat magrib, membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali.
  2. Ketika sudah sampai ayat ( اِذْ جَاۤءَهَا الْمُرْسَلُوْنَۚ) surat Yasin ayat 13, bacalah doa meminta panjang umur, rezeki yang halal, dan barakah, tetap iman, Islam, dan Ihsan.
  3. Kemudian membaca ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِۗ (Yasin ayat 38) sebanyak 14 kali.
  4. Kemudian membaca سَلٰمٌ قَوۡلًا مِّنۡ رَّبٍّ رَّحِيۡمٍ (Yasin ayat 58) sebanyak 16 kali.
  5. Kemudian membaca اَوَلَيْسَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِقٰدِرٍ عَلٰٓى اَنْ يَّخْلُقَ مِثْلَهُمْ ۗبَلٰى وَهُوَ الْخَلّٰقُ الْعَلِيْمُ (Yasin ayat 81) sebanyak 4 kali.

Ada juga amalan Nisfu Sya'ban yang diajarkan oleh para habaib. Berikut salah satunya:

Barangsiapa yang pada malam Nisfu Sya'ban menulis Surat Sad ayat 54 yang berbunyi:

اِنَّ هٰذَا لَرِزْقُنَا مَا لَهٗ مِنْ نَّفَادٍۚ

Ditulis di atas kertas kemudian diletakkan di tempat menyimpan uang, Insya Allah rezekinya akan mengalir sepanjang tahun.

Di dalam Majmu' al-Bayan Juz 8 halaman 34 dijelaskan:

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Sad), maka ia akan memperoleh pahala sepuluh kali lipat seberat gunung yang ditundukkan Allah kepada Nabi Daud, Allah akan melindunginya menjadi orang berbuat dosa, baik kecil maupun besar."

Baca juga: Keutamaan, Manfaat, dan Pokok Kandungan dari Surat Rad.

Surat Sad ayat 54 di atas juga dapat dijadikan doa agar memperoleh kecukupan makanan. Adapun caranya adalah dengan membacanya setelah mendirikan salat, baik salat fardu maupun sunah.

Itulah doa malam Nisfu Sya'ban lengkap dengan amalan-amalan yang dapat dikerjakan di dalamnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam