Kutbah Jumat Bulan Puasa Ramadhan Singkat Terbaru 2022

Daftar Isi

Khotbah Jumat Pendek Bulan Puasa Ramadhan Terbaru
Abusyuja.com – Berikut adalah naskah/teks khotbah Jumat pendek bulan Ramadhan lengkap dengan naskah arabnya. Anda juga bisa download versi PDF-nya di sini: DOWNLOAD KHOTBAH PDF

Khotbah I:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ الْفُرْقَانَ لِلْعَالَمِيْنَ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ الَّذِيْ أَنْزَلَ عَلَيْنَا بِأَنْوَاعِ النِّعَمِ مِدْرَارًا. اَللّٰهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُطَهِّرُوْنَ اللهَ تَطْهِيْرًا. 

أَمَّا بَعْدُ: فَيَآأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، أُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: يَاۤأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءٰمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan oleh Allah

Pada kesempatan yang mulia ini, melalui mimbar khotbah ini, saya berwasiat kepada pribadi saya sendiri dan juga kepada segenap hadirin jamaah Jumat rahimakumullah, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. dengan menunaikan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Kita tanamkan lebih dalam lagi nilai-nilai ketakwaan di dalam diri kita, sehingga setiap apa yang kita ucapkan dan setiap apa yang kita lakukan terpancar cahaya batin yang bersih, dalam bimbingan Allah Swt. Di samping itu, nilai-nilai ketakwaan tersebut juga harus kita tanamkan dalam jiwa keluarga kita sebagai benteng agar terhindar dan selamat dari siksa api neraka, amin.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan oleh Allah

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.(QS. Al-Baqarah: 183)

Ayat di atas dengan tegas menjelaskan bahwa tujuan akhir dari puasa yang kita kerjakan adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Hal ini seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ketakwaan adalah berhubungan erat dengan kemuliaan kita di sisi Allah SWT. Dan kemuliaan sejati adalah kemuliaan di sisi Allah SWT itu sendiri, maka dari itu, sudah seharunya kita mengejarnya demi mendapatkan posisi tersebut.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan oleh Allah

Lantas, ibadah puasa yang seperti apa yang dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT? Dalam hal ini, Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumudin menjelaskan bahwa ibadah puasa haruslah memenuhi dua syarat utama, yaitu syarat lahiriah dan batiniah.

Syarat lahiriah adalah meninggalkan segala hal yang dapat membatalkan puasa, mulai dari makan, minum, berhubungan suami istri, dan lain sebagainya.

Sedangkan syarat batiniah adalah syarat yang memiliki 6 kriteria:

Pertama, menjaga penglihatan dan menahan diri dari memandang segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT. Dan memandang segala sesuatu yang dapat menyibukkan hati kita dan menjadikan kita lupa kepada Allah SWT.

Kedua, menjaga lisan dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, di antaranya yaitu berbicara yang tidak ada manfaatnya, berbohong, gibah atau menggunjing orang lain, mengadu domba, berbicara buruk, mencaci maki atau toxic, dan permusuhan.

Ketiga, menjaga pendengaran dari berbagai suara yang dilarang oleh Allah, di antaranya yaitu mendengar sesuatu yang haram diucapkan. Karena ucapan yang haram diucapkan akan haram pula untuk didengarkan.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan oleh Allah

Adapun yang keempat adalah menjaga anggota badan dari perbuatan dosa, baik dosa tangan, kaki, dan seluruh anggota badan lainnya. Termasuk juga menjaga perut dari makanan yang haram dan syubhat (tidak jelas hukumnya).

Kelima, kita tidak boleh banyak makan ketika berbuka puasa, meskipun makanan tersebut adalah makanan halal. Karena sama sekali tidak ada manfaatnya ketika kita seharian penuh berpuasa menahan lapar dahaga, menahan diri untuk tidak makan dan minum, tetapi ketika berbuka malah lepas kendali seperti orang rakus.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan oleh Allah

Yang terakhir adalah hati kita harus dalam keadaan tidak tenang antara takut kepada siksa Allah dan berharap semua amal ibadah yang telah kita lakukan diterima oleh Allah SWT. Sebab, kita tidak tahu puasa seharian yang telah kita lakukan itu diterima Allah atau tidak.

Semoga Allah SWT berkenan menerima semua amal ibadah yang telah kita kerjakan dan senantiasa meridai apapun yang telah kita kerjakan. Dan semoga di bulan Ramadan ini kita diberi kelancaran dan dapat menjalankan puasa tahun ini dengan sempurna, amin, Allahuma, amin.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ. وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ. إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khotbah II dan Doa Khotbah:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَ أَشْهَدُ اَنْ لاَ اإِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ: فَيَآأَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى: اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا .اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ. اَللّٰهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ، لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ، وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَدَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً، وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ، وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Daftar Pustaka: Buku Khotbah Kemenag Kabupaten Grobogan.