Download Kitab Sahih Muslim PDF Terjemah Indonesia, Bahasa Arab, dan Inggris

Daftar Isi

Download Kitab Sahih Muslim PDF Terjemah Indonesia, Bahasa Arab, dan Inggris
Abusyuja.com – Sahih Muslim atau biasa dikenal dengan nama al-Jami’ merupakan salah satu koleksi kitab hadis yang dikarang oleh Imam Muslim.

Hadis Sahih Muslim merupakan kitab yang memiliki peringkat kedua (setelah Sahih Bukhari) dari keenam kitab paling masyhur sebagai rujukan muslim suni. Keenam kitab tersebut dikela dengan nama Kutubus Sittah.

Kitab Sahih Muslim ini terbagi menjadi beberapa kitab, yang mana setiap kitabnya terdiri dari beberapa baba. Dari sekitar 300.000 hadis yang beliau kumpulkan, ada sekitar 4.000 hadis yang telah diteliti selama hidupnya dan dapat diterima keasliannya.

Baik Sahih Muslim maupun Sahih Bukhari, keduanya disebut sebagai ash-Shahihain (dua kitab sahih rujukan utama). Ash-Shahihain sendiri adalah julukan dari kedua kitab tersebut yang mana telah disepakati oleh golongan Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai kitab (hadis) yang paling sahih setelah Al-Qur’an.

Akan tetapi, Sahih Bukhari ditetapkan lebih sahih dibandingkan Sahih Muslim. Selain karena hubungan mereka adalah guru dan murid (Imam Muslim adalah murid dari Imam Bukhari), kitab Sahih Bukhari dinilai memiliki sanad yang lebih muttashil dan rawinya dinilai lebih terpercaya (tsiqah). Maka sudah pasti kitab Imam Bukhari berada di urutan nomor satu dari Kutubus Sittah, sedangkan kitab Imam Muslim di urutan nomor dua.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Sahih Muslim

Kitab Sahih Muslim dikarang oleh Imam Muslim. Nama lengkap beliau adalah Al-Imam Abu Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qasyairi an-Naisaburi.

Beliau lahir pada tahun 204 Hijriah dan meninggal pada hari Ahad bulan Rajab tahun 261 Hijriah dan dikebumikan di daerah Naisaburi Provinsi Razavi Khotasan, Iran.

Sejak kecil, beliau telah belajar kepada ulama-ulama besar, seperti Imam Bukhari, Yahya bin Yahya, Ishak bin Ruhawaih, Abdullah bin Maslamah, dan beberapa tokoh Islam pada masanya. Di usia yang masih relatif muda, beliau telah mencari ilmu ke berbagai negara seperti Hijaz, Irak, Syam, Mesir, dan masih banyak lagi.

Beliau sangatlah disiplin dan rendah hati. Beliau gemar sekali memanfaatkan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat dan produktif, seperti mengajar, menulis berbagai karya, dan masih banyak lagi.

Di antara karya-karya beliau adalah Kitab Al-Aqran, Al-Ilal, Auladish Shahabah, Auhamil Muhadditsin, dan al-Asma wal Husna, dan Musnad al-Kabir, dan karya paling fenomenal, al-Jami’ ash-Shahih, atau lebih dikenal dengan nama Sahih Muslim.

Download Kitab Sahih Muslim PDF

Sesuai judul di atas, abusyuja.com akan membagikan kitab Sahih Muslim dalam Terjemah Indonesia, Arab, dan Inggris. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Sahih Muslim Versi Terjemah Indonesia

Jilid 1

Jilid 2

Jilid 3


Jilid 4

Jilid 5

Jilid 6

Download Kitab Sahih Muslim Versi Bahasa Arab

Juz 1


Juz 2

Download Kitab Sahih Muslim Versi Bahasa Inggris

Volume 1

Volume 2

Volume 3

Volume 4

Volume 5

Volume 6

Volume 7

Download Terjemah Syarah Sahih Muslim (DI SINI)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kitab Sahih Bukhari lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam