Download Kitab Sunan Tirmidzi PDF Terjemah Indonesia, Arab dan Inggris

Daftar Isi

Download Kitab Sunan Tirmidzi Terjemah PDF, Bahasa Arab dan Inggris
Abusyuja.com – Sunan Tirmidzi atau nama lain dari Jami at-Tirmidzi ini merupakan salah satu kitab kumpulan hadis yang dikarang oleh Imam Tirmidzi.

Kitab ini berada di urutan nomor 5 di antara enam kitab utama yang digunakan sebagai rujukan utama Islam suni, atau yang dikenal dengan sebutan kutubus sittah.

Urutan tersebut berdasarkan tingkat prioritasnya apabila dibandingkan dengan kitab-kitab hadis utama lain, seperti karya Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Nasa’i, dll.

Kitab Sunan Tirmidzi ini terbagi menjadi 50 bab yang berisikan 3956 teks hadis. Salah satu ciri khas kitab ini adalah adanya penjelasan isnad (sandaran) hadis serta pendapat-pendapat dari beberapa imam mazhab.

Menurut Ibnu Taimiyah, beliau adalah tokoh ulama hadis pertama yang secara resmi mempopulerkan istilah hadis hasan (salah satu bentuk kualitas hadis).

Beliau juga teliti dan jelas dalam menerapkan sistematika isnad dalam al-sunan. Beliau juga tak jarang pula menambahkan pendapat pribadinya terhadap perbedaan riwayat yang terjadi.

Sekilas Tentang Pengarang Sunan Tirmidzi

Sunan Tirmidzi merupakan kitab kumpulan hadis yang dikarang oleh Imam Tirmidzi. Nama lengkap beliau adalah Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah at-Timridzi.

Beliau terkenal akan keramahannya, masyhur dipandang sebagai ulama karismatik yang cerdas, amanah, dan sangat teliti dalam hal apa pun.

Kecerdasan beliau telah diakui oleh kalangan ulama. Al-Hafiz Abu Hatim Muhammad ibn Hibban, salah seorang kritikus hadis mengatakan bahwa beliau adalah seorang “siqat”, yaitu orang yang dapat dipercayai dan sangat kokoh hafalannya. 

Beliau pernah belajar kepada Imam Bukhari, pengarang kitab hadis paling masyhur, Sahih Bukhari. Beliau juga belajar kepada ulama-ulama hadis besar lain, seperti Imam Muslim dan Abu Dawud.

Guru-guru lainnya adalah Muhammad bin Basysyar, ‘Ali bin Hajar, Ahmad bin Muni’, Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin Musa, Mahmud bin Gailan. Said bin ‘Abdur Rahman, Muhammad bin al-Musanna, dan masih banyak lagi.

Di antara murid-murid beliau adalah ‘Aid bin Muhammad an-Nasfiyyun, al-Haisam bin Kulaib asy-Syasyi, Makhul ibnul-Fadl, Muhammad binMahmud ‘Anbar, Hammad bin Syakir, Ahmad bin Yusuf an-Nasafi, Abul-‘Abbas Muhammad bin Mahbud al-Mahbubi, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Sunan Tirmidzi

Sesuai judul di atas, abusyuja.com akan membagikan link download kitab Sunan Tirmidzi dalam format PDF, baik versi terjemah Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa Arab. Berikut link downloadnya:

Download Sunan Tirmidzi Terjemah Indonesia PDF

Profil Lengkap Imam Tirmidzi

Jilid 1 (1-1.000 hadis)


Jilid 2 (1.001-2.000 hadis)

Jilid 3 (2.001-3***)

Download Sunan Tirmidzi Bahasa Inggris PDF

Volume 1

Volume 2

Volume 3

Volume 4

Volume 5

Volume 6

Download Sunan Tirmidzi Bahasa Arab

Cover kitab

Jilid 1

Jilid 2

Jilid 3


Jilid 4

Jilid 5

Jilid 6

Demikian pembahasan singkat mengenai kitab Sunan Tirmidzi lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallah A’lam