Teks Khutbah Jumat Tentang Pentingnya Taqwa dalam Kehidupan

Daftar Isi

Teks Khutbah Jumat Tentang Pentingnya Taqwa dalam Kehidupan
Abusyuja.com - Sesuai judul di atas, abusyuja.com akan membagikan naskah/teks khutbah terbaru dengan tema pentingnya memiliki takwa dalam kehidupan. Dan tentunya naskah khutbah ini berdasarkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah. Dilengkapi pula dengan teks Arab khotbah keduanya:

Tetapi sebelumnya, Anda juga bisa baca ketentuan khotbah berikut ini: Syarat dan Rukun Khotbah Lengkap dengan Ketentuan Khatib dan Naskahnya

 اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزَّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالْأَيَّامِ وَالَليَالِيْ بِمَزَايَا وَفَضَائِلَ يُعَظَّمُ فِيْهَا الْأَجْرُ وَالْحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى آلِهِ وأَصْحَابِهِ هُدَاةِ الْأَنَامِ فِيْ أَنْحَاءِ الْبِلاَدِ. 

أَمَّا بَعْدُ: فَيَآأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، أُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Pada kesempatan yang mulia ini, melalui mimbar khotbah ini, saya berwasiat kepada hadirin jamaah semua, terkhusus kepada diri saya sendiri, marilah kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah Swt. dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan ketakwaan ini, sungguh akan subur sikap positif di dalam tubuh kita, dan dengan modal iman dan ketakwaan inilah, seseorang akan selamat baik di dunia maupun di akhirat, amin.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Di setiap hari Jumat, setiap khatib yang berkhotbah di mimbar ini pasti mengajak kita untuk bertakwa kepada Allah Swt. Takwa sendiri adalah gelar yang diberikan kepada setiap manusia yang mau menjauhkan dirinya dari perbuatan yang diharamkan atas mereka, serta melakukan segala perintah yang diwajibkan atas mereka.

Perlu kita ketahui bahwa seluruh perintah agama yang dibebankan kepada kita semua ternyata hanyalah bertujuan untuk menjadikan kita semua bertakwa. Sebagaimana firman Allah Swt. sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ وَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ.

Wahai manusia, beribadahlah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu menjadi orang yang bertakwa.(QS. Al-Baqarah: 21)

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Ibadah yang sanggup membawa kita ke tingkat takwa tersebut bukanlah sembarangan ibadah. Akan tetapi ibadah yang dilakukan dengan penuh kesadaran, penuh kerelaan, penuh kecintaan dan pengertian. Dan ibadah dengan kriteria tersebut hanya dapat dicapai kalau kita sudah benar-benar mengenal Allah, mengenal keagungan-Nya, mengenal kekuasaan-Nya, mengenal kemuliaan-Nya, serta mengenal semua sifat-sifat mulia yang melekat pada-Nya.

Apabila semua perasaan itu sudah timbul pada diri seseorang, maka otomatis seluruh hidupnya akan dicurahkan demi mencari rida Allah, serta segala aktivitasnya hanya untuk mencari rida Allah semata. Artinya, segala amaliahnya akan diwarnai pahala dan menjadi ibadah karena semata-mata dilakukan karena Allah Swt.

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Salah satu nilai manfaat lain yang dapat dirasakan ketika seseorang sudah mengenal betul dengan Allah adalah ia dapat menjadikan aktivitas duniawinya menjadi amalan ibadah. Jadi yang harus dihapus sekarang adalah anggapan seseorang bahwa ibadah hanya dibatasi pada rukun Islam saja, yaitu salat, puasa, zakat, dan haji, sedangkan urusan duniawi dianggap tidak memiliki arti dalam pandangan Tuhan.

Ketika seseorang mengenal Allah dengan baik, maka semua aktivitas hidupnya dapat berpotensi menjadi ibadah. Bahkan dalam urusan duniawi sekalipun. Misalnya, mencari nafkah untuk memenuhi amanah Allah guna memenuhi nafkah keluarga, seorang polisi yang menjaga keamanan negara, buruh yang bekerja untuk memproduksi bahan yang menjadi kebutuhan manusia, guru yang mendidik murid-muridnya dengan baik, dan masih banyak lagi.

Semoga Allah Swt. memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang Muttaqin yang mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, amin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.

KHOTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلَى رِضْوَانِهِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ :فَيَآأَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى: اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا .اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ. اَللّٰهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ، لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ، وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَدَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً، وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ، وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Demikian naskah khotbah singkat dengan tema pentingnya takwa dalam kehidupan. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A'lam