Download Kitab Musthalah Hadits PDF Arab dan Terjemah Indonesia

Daftar Isi

Download Kitab Musthalah Hadits PDF Arab dan Terjemah
Abusyuja.com – Musthalah Hadits merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang istilah-istilah dalam kajian hadis. Seperti yang kita tahu, setiap hadis memiliki tingkatannya masing-masing, mulai dari sahih, masyhur, hasan, bahkan daif (lemah).

Ilmu inilah yang digunakan untuk menentukan kualitas suatu hadis, baik dari segi sanadnya, rawinya, matannya, dan lain sebagainya.

Hukum mempelajari ilmu ini adalah fardu kifayah. Sebab, hal ini berkaitan dengan penentuan kualitas hadis Nabi yang kedudukannya sebagai sumber hukum Islam yang kedua setelah Al-Qur’an.

Ada tiga istilah populer yang digunakan dalam ilmu Musthalah Hadits, yaitu Matan, Rawi, dan Sanad.

Matan adalah isi, perkataan, atau substansi dari hadis yang disampaikan. Sedangkan Rawi (perawi) adalah orang yang meriwayatkan hadis tersebut. Rawi pun ada tingkatannya, mulai dari tingkat sahabat, tabiin, tabiin-tabiin, kemudian ulama-ulama hadis lain, seperti Bukhari, Muslim, Ahmad, Nasa’i, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Sanad adalah orang-orang yang terlibat ke dalam periwayatan hadis tersebut. Artinya, orang-orang yang menjadi perantara dari Nabi Muhamad SAW sampai ke perawi yang mengucapkan.

Sekilas Tentang Kitab Musthalah Hadits

Kitab Musthalah hadits adalah kitab yang membahas tentang kaidah-kaidah yang terkait dengan sanad (silsilah) dan matan (redaksi/isi) sebuah hadis.

Para ulama sepakat bahwa ilmu ini muncul pada pertengahan abad ke-4 Hijriah. Di antara ulama yang masyhur menulis ilmu ini adalah Abdillah Muhammad bin Abdurrahman al-Hakim an-Naisaburi. Ada juga ulama kompeten seperti Imam al-Khatib al-Baghdadi Abu Bakar Ahmad bin Ali bin Tsabit as-Syafi’i, dan masih banyak lagi.

Di pembahasan pertama dalam kitab ini, ada penjelasan mengenai istilah ilmu Hadis Riwayah dan Ilmu Hadis Dirayah.

Di pembahasan kedua, terdapat pengenalan umum, mulai dari apa itu hadis, sunah, khabar, dan atsar.

Di pembahasan ketiga, ada penjelasan mengenai sanad yang meliputi nama-nama perawi hadis, al-Mutasyabbih, al-Mubhab, al-Wuhdan, al-Mufradat, gelar-gelar, panggilan, dan nisbat. Ada juga pembahasan matan dan taraf.

Di pembahasan keempat, ada penjelasan siapa itu sahabat, tabiin, tabiin-tabiin (pengikut tabiin), tabiin-tabiin-tabiin (pengikut dari pengikut tabiin).

Di pembahasan kelima, ada penjelasan mengenai jenis ulama hadis, mulai dari Amirul Mukminin, Hadiz, Muhadits, dan Musnad.

Tidak cukup sampai lima poin itu saja. Di dalam kitab Musthalah Hadits juga ada penjelasan mengenai syarat-syarat hadis, mulai dari sanadnya harus tersambung, rawinya harus adil, terjaga dari kecacatan, selamat dari ilat, dan penjagaan riwayat.

Ada juga pembahasan kedudukan hadis, mulai dari sahih, hasan, daif, dan maudhu’. Selain ke semua itu tadi, berikut kami rangkumkan secara singkat materi-materi lain yang dibahas di dalamnya:

Jumlah Perawi Pada Setiap Tingkat yang jumlahnya ada empat, yaitu Hadis Gharib, Hadis Aziz, Hadis Masyhur, dan Hadis Mutawatir. Adapun yang disandarkan ke padanya juga ada empat, yaitu Hadis Qudsi, Hadis Marfu’, Hadis Mauquf, dan Hadis Maqtuk.

Ada juga pembahasan mengenai hadis Mursal, Mudlis, Muaddal, Munqoti’, dan Mu’allaq, serta pembahasan-pembahasan lain seperti tingkatan jarah (cacat) seorang perawi hadis, sanad dekat dan jauh, hubungan di kalangan perawi, sifat-sifat perawi, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Musthalah Hadits PDF Terjemah Indonesia

Tentu akan sangat panjang apabila kami paparkan semuanya di sini. Agar lebih efektif, Anda bisa mengunduh dan menikmati kitab ini secara gratis. Sesuai judul di atas, abusyuja.com akan membagikan kitab Musthola Hadits PDF terjemah Indonesia. Sedikit catatan saja, yang kami bagikan ini adalah karya dari Mahmud Ath-Thahhan. Berikut link downloadnya:


Download Kitab Musthalah Hadits Arab Saja PDF

Download Kitab Musthalah Hadits Terjemah Indonesia PDF


Demikian pembahasan singkat mengenai kitab Musthalah Hadits lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam