Download Kitab Sahih Bukhari PDF Terjemah Indonesia, Inggris, dan Arab

Daftar Isi

Download Kitab Sahih Bukhari PDF Terjemah Indonesia, Inggris, dan Arab
Abusyuja.com – Kitab Sahih Bukhari adalah salah satu kitab kumpulan hadis paling fenomenal karangan Imam Bukhari. Selain nama Sahih Bukhari, kitab ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu al-Jami’ al-Musnad, al-Sahih al-Mukhtasar min Umur Rasulillah SAW.

Di antara kitab yang masuk kategori Kutubusitah, kitab ini termasuk salah satu kitab terbaik nomor satu, sedangkan Sahih Muslim berada di bawahnya (Imam Bukhari adalah guru dari Imam Muslim).

Kitab ini dinilai sangat baik karena berdasarkan kriteria yang diambil dengan cara yang sangat ketat. Setidaknya beliau menghabiskan kurang lebih 16 tahun untuk menyusun koleksi ini, dan setidaknya telah menghasilkan 2.602 butir hadis dalam kitabnya.

Para ahli hadis menyimpulkan bahwa Imam Bukhari dalam menyeleksi hadis sangatlah ketat dan berhati-hati. Setidaknya ada dua kriteria/syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, mengenai kualitas perawi hadis. Dalam hal ini, Imam Bukhari hanya memilih hadis yang rawinya tidak dikomentari jelek oleh para pakar hadis, khususnya hadis-hadis yang berkaitan dengan akidah atau dasar Islam.

Kedua, tersambungnya sanad yang jelas. Dalam hal ini, Imam Bukhari menekankan murid mendengarkan langsung atau paling tidak bertemu walau hanya sekali. Beliau tidak mencantumkan hadis yang perawinya tidak dikenal.

Kedua hal inilah yang menjadi pembeda utama serta menjadi alasan mengapa Kitab Sahih Bukhari lebih utama dibandingkan dengan Sahih Muslim.

Sekilas Tentang Pengarang Sahih Bukhari

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kitab Sahih Bukhari ini dikarang oleh Imam Bukhari, nama panjang beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari. Julukan beliau adalah Amir al-Mu’minin fi al-Hadis (pemimpin orang-orang yang beriman dalam hal ilmu hadis).

Beliau lahir di Bukhara, 13 Syawal tahun 194 Hijriah atau 21 Juli tahun 810 Masehi. Beliau wafat di Khartank pada 1 Syawal tahun 256 Hijriah atau 1 September 870 Masehi.

Beliau adalah ulama paling masyhur sebagai ahli hadis, seorang profesor hadis yang diakui dari dulu sampai saat ini. Beliau termasuk ulama yang mengoleksi hadis-hadis berkualitas yang memiliki drajat tinggi.

Bersama dengan ahli-ahli hadis lain, seperti Imam Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibu Majah, beliau menduduki peringat prioritas paling tinggi yang tergabung dalam Kutubusitah, yaitu enam hadis utama yang dijadikan rujukan Islam suni di seluruh dunia.

Beliau dididik dalam keluarga ulama yang taat beragam. Ayah beliau, Ismail bin Ibrahim, merupakan sosok yang paling berpengaruh dalam hidupnya. Beliau dikenal sebagai orang yang sangat wara’ (berhati-hati terhadap hal yang sifatnya syubhat).

Ayah beliau merupakan ulama bermazhab Maliki. Beliau juga murid dari Imam Maliki, seorang ulama Mujtahid besar dalam bidang fikih, namun beliau tutup suai ketika Bukhari masih kecil.

Imam Bukhari belajar kepada Syekh ad-Dakhili, salah seorang ulama hadis pada masa itu. Di usia yang masih 16 tahun, beliau berkunjung ke tanah suci. Di sana, beliau belajar kepada beberapa guru besar ilmu hadis.

Beliau gemar sekali bepergian untuk mencari ilmu. Beliau pernah singgah di Mesir, Hijaz, Bashrah, Kufah, Bagdad, bahkan Asi Barat. Di kota-kota tersebut, beliau sering berdiskusi dengan ulama-ulama besar, bahkan sampai bertemu dengan 80.000 perawi hadis. Dari mereka, beliau mengumpulkan dan menghafal kurang lebih 1 juta hadis.

Tidak mengherankan mengingat Imam Bukhari dikenal memiliki daya hafal yang sangat tinggi. Hal ini diakui oleh ulama-ulama pada masa itu bahkan diakui oleh kakaknya sendiri, Rasyid bin Ismail. Beliau bertubuh kurus, tidak tinggi, tidak pula pendek. Kulitnya sawo matang, ramah, grapyak, dermawan, serta gemar mengalokasikan sedekahnya pada bidang pendidikan.

Di antara karya-karya beliau adalah At-Tarikh al-Ausath, At-Tarikh al-Kabir, At-Tafsir al-Kabir, Al-Musnad al-Kabir, Kazaya Shahabah wa Tabi'in, Kitab al-Ilal, Al-Jami' ash-Shahih yang dikenal sebagai Shahih Bukhari, Al-Adab al-Mufrad, Adh-Dhu'afa ash-Shaghir, At-Tarikh ash-Shaghir, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Sahih Bukhari PDF

Seusia judul di atas, abusyuja.com akan membagikan link download kitab Sahih Bukhari PDF, baik dalam versi Terjemah Indonesia, Arab, atau Inggris. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Sahih Bukhari PDF Terjemah Indonesia

Jilid 1

Jilid 2


Jilid 3

Jilid 4

Jilid 5

Jilid 6

Jilid 7

Download Kitab Sahih Bukhari PDF Arab-Inggris (English and Arabic)

Vol. 1

Vol. 2

Vol. 3

Vol. 4

Vol. 5

Vol. 6

Vol. 7

Vol. 8

Vol. 9

Download Kitab Sahih Bukhari PDF Arab Saja

Cover dan Muqaddimah

Jilid 1

Jilid 2

Jilid 3

Jilid 4


Jilid 5

Jilid 6

Jilid 7

Jilid 8

Jilid 9

Itulah sekilas tentang kitab Sahih Bukhari lengkap dengan biografi singkat pengarangnya, dan link download baik dalam Terjemah Indonesia, Inggris, atau Arabnya saja. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam