Download Kitab Abi Jamroh PDF Arab dan Terjemahnya

Daftar Isi

Abusyuja.com – Kitab Abi Jamroh adalah kitab ringkasan Sahih Bukhari paling singkat dan rapi.  Di kalangan pesantren, kitab ini sangat populer dan banyak digunakan di berbagai lembaga pendidikan Islam baik formal ataupun non formal.

Kitab ini lebih populer dengan nama Mukhtasar Abi Jamrah lil Bukhari. Sedangkan nama aslinya adalah Nihayah fi Badi’ul Khair wal Ghayah. Seperti namanya, mukhtasar (ringkasan), kitab ini sangat cocok digunakan untuk hafalan.

Kitab yang dikarang oleh Imam Abdullah bin Abi Jamrah Al-Azdi ini memuat 294 hadis yang terbagi menjadi beberapa bab, mulai dari bab keimanan, ubudiah, adab (akhlak), kisah berhikmah, pembersih hati, dan lain sebagainya.


Kitab Abi Jamroh ini juga banyak disyarahkan oleh ulama-ulama lain, dan di antara syarah Abi Jamroh yang paling masyhur adalah karya dari ulama Al-Azhar Mesir, yaitu Syekh Muhammad bin Ali as-Syafii.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Abi Jamroh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, nama asli pengarang kitab Abi Jamroh ini adalah Abdullah. Sedangkan beliau juga punya nama kunayah (julukan) Syekh Abu Muhammad Abdullah bin Sa’ad bin Abi Jamroh al-Azdi.

Nama “kunayah” sendiri adalah julukan seseorang di samping nama aslinya. Lazimnya menggunakan kata depan “Abu” atau “Ibnu”.

Berbeda jauh dengan “kinayah”, yaitu pengungkapan kata yang terkadang tidak merujuk pada makna atau arti kata tersebut, misalnya “tangan panjang” yang secara lahiriah bermakna “pencuri”, bukan seseorang yang memiliki tangan yang sangat panjang.

Syekh Abu Muhammad Abdullah bin Sa’ad bin Abi Jamroh al-Azdi ulama besar nan arifin yang banyak sekali memiliki Karomah.

Ada sebuah kisah nyata yang dialami oleh murid beliau. Kala itu, murid tersebut bermimpi melihat Abi Jamroh sedang duduk di kursi dan menggunakan pakaian kebesaran.

Sementara di sekeliling beliau ada para Nabi dan sahabat yang sedang berdiri dan memberi hormat. Singkat cerita, setelah murid tersebut bangun tidur, ia selalu merasa gelisah dan penasaran kenapa para Nabi berdiri dan memberi hormat kepada Abi Jamroh.

Untuk memutus rasa gelisahnya, murid tersebut akhirnya menceritakan mimpinya kepada gurunya, Abi Jamroh. Beliau dengan tenang menjelaskan bahwa yang berdiri karena menghormati sosok yang telah memakai baju kebesaran (di kursi) tersebut Nabi Muhammad SAW. Wallahu A’lam.

Download Kitab Abi Jamroh PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja.com akan memberikan link download Kitab Abi Jamroh PDF. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Abi Jamroh Arab Gandung Makna Pesantren


Download Kitab Abu Jamroh Terjemah Indonesia

Untuk mendukung UMKM yang menyediakan berbagai kitab-kitab fisik, kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-tokoh offline maupun online.

Demikianlah pembahasan mengenai Kitab Abi Jamroh lengkap dengan biografi pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam