Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Nurul Yaqin PDF Arab dan Artinya

Download Kitab Nurul Yaqin PDF Arab dan Artinya
Abusyuja.com – Kitab Nurul Yaqin adalah kitab tarikh (sejarah) Islam yang banyak dikaji di berbagai pondok pesantren di seluruh pelosok nusantara.

Kitab ini menceritakan secara detail tentang sejarah kehidupan dan perjuangan Rasulullah SAW. Kitab khulashoh Nurul Yaqin, atau singkat dan akrab kita sebut Nurul Yaqin ini terdiri dari 3 jilid dan ditulis oleh Syekh Umar Abdul Jabbar.

Kitab ini termasuk yang paling populer sekaligus paling lengkap karena diambil dari sumber-sumber utama seperti kitab As-Syiga karya Imam Al-Qadhi Iyadh, Al-Ihya’ karya Imam Gazali, Al-Mawahib dan As-Sirah Al-Halabiyyah karya Imam Al-Qathalani.

Kitab ini adalah ringkasan (khulshoh) dari kitab asal Nurul Yaqin fi Sirati Sayyidil Mursalin Muhammad SAW yang ditulis oleh Sykeh Muhammad bin Afifi Al-Bajuri atau kita kenal dengan nama Syekh Al-Khudri Bek (W: 1345 H)

Syekh Umar Abdul jabar, beliau adalah murid Imam Nawawi Al-Bantani. Beliau lahir tahun 1320 Hijriah di Makkah al-Mukarramah. 


Beliau menghabiskan masa kecilnya hingga tumbuh dewasa di Masjidilharam. Beliau istiqamah menghadiri kajian-kajian rutin di Masjidilharam. Semua cabang ilmu beliau pelajari, seperti tafsir, hadis, dan fikih.

Salah satu majelis yang beliau ikuti adalah majelis Syekh Abu Abdul Mu’ti Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani as-Syafii, seorang ulama besar Masjidilharam asal Tanara  Banten.

Beliau memiliki peran penting dalam meletakkan fondasi-fondasi kurikulum madrasah-madrasah Islam di Yaman, Indonesia, dan Arab Saudi.

Tahun 1342 H, beliau meninggalkan tanah kelahiran pergi ke daerah Shan’a. Di sana beliau membangun fondasi-fondasi kurikulum pembelajaran madrasah nizham. Bahkan beliau juga menyelipkan pelajaran fisika dan geografi.

Sinar kecemerlangannya akhirnya terpancar sampai ke pemerintahan Mukalla , raja Mukalla memberinya saran lewat sepucuk surat agar beliau mau pindah ke Mukalla untuk melakukan hal yang sama di Shan’a.

Syekh Umar pun menyanggupi. Beliau pindah ke Mukalla. Selang tiga tahun, beliau telah sukses memberi warna  perubahan pada pendidikan negeri tersebut.

Setelah berada di puncak kejayaan dalam membenahi sistem pendidikan di Mukalla, datanglah sepucuk surat dari negeri nun jauh Indonesia untuk Sykeh Umar.

Pengirim tersebut menjelaskan bahwa di Indonesia tengah menghadapi gerakan kristenisasi yang cukup hebat sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi umat Islam yang lemah imannya.

Sebagai bentuk takzimnya beliau terhadap tanah asal kelahiran gurunya, Imam Nawawi, Syekh Umar pun menyanggupi untuk datang ke Indonesia. Hal ini beliau dedikasikan kepada sang guru yang telah mengajari dan mendidik beliau di semasa di Masjidilharam.

Singkat cerita, beliau telah ikut andil dalam memajukan ratusan madrasah di seluruh Indonesia. Beliau juga meninggalkan karya-karyanya untuk tetap dipakai dan dimanfaatkan sebagai buku wajib santri dan pelajar di madrasah atau di pondok pesantren.

Maka tidak heran apabila salah satu karyanya, Khulashah Nurul Yaqin hingga detik ini masih dipakai dan diajarkan di berbagai institusi pendidikan agama Islam di seluruh pelosok negeri.

Download Kitab Khulashah Nurul Yaqin PDF

Sesuai judul di atas, berikut kami bagikan kitab khulashah Nurul Yaqin PDF baik versi arab dan terjemahnya. Berikut link downloadnya:


Download Kitab Khulashah Nurul Yaqin PDF Arab dan Artinya

Demikian kajian mengenai kitab Khulashah Nurul Yaqin lengkap dengan biografi pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam