Download Kitab Adabud Dunya Wad Din PDF

Daftar Isi

Download Kitab Adabud Dunya Wad Din PDF
Abusyuja.com – Kitab Adabud Dunya Wad Din adalah salah satu kitab akhlak, adab, atau etika yang dikarang oleh Imam al-Mawardi.

Di dalam kitab Adabud Dunya Wad Din menjelaskan tentang persoalan etika dunia (Arab: ad-dunya) dan agama (Arab: ad-Din). Tidak hanya itu, di dalamnya juga menjelaskan tentang praktik serta tujuan dari penerapannya.


Kitab Adabud Dunya Wad Din ini tidak hanya menyampaikan dalil-dalil Al-Qur’an dan hadis saja, tetapi juga diperkuat dengan berbagai pandangan para ulama yang saleh nan ternama, cerita-cerita hikmah, serta syair-syair indah yang dapat membangun jiwa.

Kitab yang telah diterbitkan beberapa kali di benua Eropa ini pada dasarnya diperuntukkan untuk semua kalangan, terkhusus untuk mereka yang ingin menemukan makna sejati tentang kehidupan, orang-orang yang ingin menemukan mahkota atau perhiasan paling berharga, yaitu akhlak.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Adabud Dunya Wad Din

Seperti yang sudah disinggung di atas, kitab Adabud Dunya Wad Din dikarang oleh Imam al-Mawardi. Nama lengkap beliau adalah Abu Hasan Ali bin Muhammad bin Habib al-Mawardi.

Beliau lahir di kota Basrah pada tahun 364 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 974 Masehi. Beliau lahir di lingkup keluarga yang memiliki tradisi kuat sebagai penjual air mawar.

Beliau merantau ke kota Baghdad untuk menimba ilmu dan memulai karirnya sebagai hakim di Baghdad dan Basrah. Tak lama kemudian, beliau dilantik menjadi hakim agung pada tahun 429 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 1037 Masehi.

Semasa hidupnya, beliau dikenal dengan sosok yang ahli dalam diplomasi, disegani kawan maupun lawan. Kedekatannya dengan kekuasaan mendorongnya melahirkan berbagai karya di bidang politik.

Karya berbau politik inilah yang akhirnya "cukup" memberi pengaruh pada pemikiran politik Islam modern. Di antara kitabnya yaitu Al-Ahkam al-Sulthaniyah dan Qawanin al-Wazarah wa Siyasah al-Mulk.

Selain menjadi diplomat ulung, beliau juga dikenal sebagai sastrawan. Banyak karya-karya beliau yang mewarnai dunia kesusastraan Arab, di antara yang paling masyhur yaitu al-Amtsal wa al-Hikam.

Beliau juga melahirkan karya di bidang pendidikan dan etika, di antaranya yaitu Adab al-Dunya wa al-Din yang sedang kitab bahas kali ini, dan beberapa karya lain di bidang hadis dan tafsir.

Download Kitab Adabud Dunya Wad Din PDF

Sesuai judul di atas, berikut Abusyuja bagikan kitab Adabud Dunya Wad Din dalam format PDF, berikut link downloadnya:

Download Kitab Adabud Dunya Wad Din Versi 1

Download Kitab Adabud Dunya Wad Din Versi 2


Download Kitab Adabud Dunya Wad Din Versi 3

(Untuk versi terjemahnya akan di-update apabila sudah tersedia)

Demikian pembahasan kitab Adabud Dunya Wad Din lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam