Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Jaliyatul Kadar dan Ashlul Qadar PDF

Download Kitab Jaliyatul Kadar dan Ashlul Qadar PDF
Abusyuja.com – Kitab Jaliyatul Kadar adalah kitab yang berupa syair atau nadhom yang membahas tentang nama-nama ahli Perang Badar. Perang badar sendiri adalah pertempuran besar antara umat Islam melawan pasukan Quraisy Mekkah.

Apakah sepenting itu Perang Badar? Berikut adalah beberapa keutamaan Perang Badar dari berbagai sumber hadis:

  1. Orang-orang yang ikut Perang Badar adalah golongan umat Nabi Muhammad SAW terbaik (HR. Bukhari).
  2. Orang-orang yang ikut Perang Badar dosa-dosanya terampuni.

  3. Orang-orang yang ikut Perang Badar adalah golongan ahli surga.

Kitab yang dikarang oleh Sayid Ali Hasan al-Barzanji (1720-1785) ini awalnya mendapatkan respons kurang bagus karena di antara ratusan baris nadhom ada banyak nama-nama yang sama sehingga para pembaca kesulitan dalam memahaminya apabila tidak di-tahqiq (diberi catatan untuk mempermudah).

Karena itulah Sayid Muhammad bin Alawi al-Maliki kemudian menulis catatan nama-nama ahli badar tersebut sesuai rujukan penulis buku ternama, dengan tanda huruf di atas nama yang ada dalam nadhom atau syiir Kitab Jaliyatul Kadar ini.

Misalnya: tanda (أو) diberikan untuk Ahli Badar dari Al-Ausy (الأوسى), tanda (خ) untuk Al-Khazraji (الخزرجي), tanda (م) untuk Al-Muhajiri (المهاجري), dan masih banyak lagi.

Sayyid Muhammad kemudian menambahkan syiir di bagian muqadimah kitab Jaliyatul Kadar. Adapun judul lengkap kitabnya adalah Jaliyatul Kadar Bi-Ashhabi Sayyidil Mala'ikati wal Basyar (جاليةالكدر بأصحاب سيد الملائكة والبشر).

Kitab Jaliyatul Kadar inilah yang akhirnya dirujuk oleh Kiai Muhammad Dimyathi bin Muhammad Amin al-Bantani dalam menyusun kitab nadhom/syiir dengan judul Ashlul Qadar fi Khasha'isi Fadha'ili Ahlil Badar (أصل القدر في خصائص فضائل أهل البدر).

Ulama nusantara yang akrab disapa Mbah Dim tersebut memang sengaja menyusun nama-nama ahli Perang Badar sebagai bentuk tabaruk (mencari keberkahan). 

Artinya, di dalam dua kitab ini (Jaliyatul Kadar dan Ashlul Qadar), terdapat tiga ulama besar yang terlibat:

Pertama, Sayid Ali Hasan al-Barzanji, sebagai mualif kitab ini. Kedua, Sayid Muhammad bin Alawi al-Maliki, sebagai ulama yang menyempurnakan kitab Jaliyatul Kadar untuk memudahkan pembacanya dalam mengenal nama-nama ahli Perang Badar lewat tahqiq-nya. Dan yang terakhir, Mbah Dimyati sebagai pengarang Ashlul Qadar yang salah satu rujukannya adalah Kitab Jaliyatul Kadar sebagai bentuk tabaruk (mencari keberkahan). Wallahu A’lam

Download Kitab Jaliyatul Kadar dan Ashlul Qadar PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja.com akan membagikan kitab Jaliyatul Kadar dan Ashlul Qadar versi PDF. Berikut link Downloadnya:

Download Kitab Jaliyatul Kadar PDF versi berwarna (Google Drive)

Download Kitab Jaliyatul Kadar PDF versi hitam putih (Google Drive)


Download Kitab Ashlul Qadar PDF Kyai Muhammd Dimyati bin Muhammad Amin (Google Drive)

Untuk mendukung UMKM yang menyediakan berbagai kitab fisik, kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-toko offline maupun online

Demikian pembahasan mengenai Kitab Jaliyatul Kadar dan Ashlul Qadar lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam