Download Kitab Amtsilah Tasrifiyah Arab dan Terjemahnya PDF

Daftar Isi

Download Kitab Amtsilah Tasrifiyah Arab dan Terjemahnya PDF
Abusyuja.com – Kitab Amtsilah Tasrifiyah merupakan salah satu kitab yang membahas tentang ilmu Shorof. Ilmu shorof adalah ilmu linguistik dalam bahasa Arab yang secara etimologi (bahasa) berarti “berubah”.

Dalam pengertian istilah, Shorof (ejaan lain: Sharaf, Wikipedia: Saraf), merupakan ilmu linguistik bahasa arab yang membahas tentang bentuk-bentuk kalimah atau kata, baik ditinjau dari perubahan bentuk, perubahan huruf, atau perubahan susunan huruf yang membentuk kata.

Di lingkungan pesantren, Ilmu Shorof disebut sebagai ibunya ilmu, sedangkan Ilmu Nahwu adalah bapaknya ilmu. Kedua unsur ini menjadi aforisme yang memberi pemahaman bahwa di dalam memahami sebuah ilmu (khususnya ilmu syariat), seseorang diharuskan menguasai kedua ilmu ini.

Ketika seseorang mempelajari ilmu Nahwu, maka tak lengkap rasanya apabila ia tidak mempelajari juga ilmu Shorof, begitu juga sebaliknya. Karena keduanya saling melengkapi, bak seorang bapak dan ibu.

Kitab Amtsilah Tasrifiyah merupakan kitab Shorof pemula yang lazimnya diajarkan di pondok-pondok pesantren. Ada juga kitab-kitab Shorof yang masuk kategori “kelas berat”, seperti Awdhah al-Masalik ila Alfiyah Ibn Malik, Syarah Qothrunnada, Jami’ ad-Durus, dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Kitab Amtsilah Tasrifiyah

Kitab Amtsilah Tasrifiyah diracik secara sistematis dan mudah untuk dipaham. Diawali dari pembagian Fiil Tsulatsi Mujarad yang jumlahnya ada 6 bab lengkap dengan contohnya.

Di dunia pesantren, keenam bab tersebut “lazimnya” diringkas menjadi nazam ini: Fathu Dhamin, Fathu Kasrin, Fathatani, Kasru Fathin, Dhammu Dhammin, Kasratani. Keenam Bab ini meringkas jenis harakat ‘ain fiil pada setiap bentuk Madhi dan Mudhari’-nya.

Ada juga bab Fiil Ruba’i Mujarad, Tsulatsi Mazid, dan masih banyak lagi. Untuk selengkapnya bisa Anda baca di dalam kitabnya.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Amtsilah Tasrifiyah

Kitab Amtsilah Tasrifiyah dikarang oleh ulama Nusantara, yakni KH. Muhammad Ma’shum bin Ali. Waktu mengarang kitab ini, beliau masih berumur 19 tahun. KH. Ma’shum lahir di daerah Maskumambang, Gresik, berasal dari Pondok Pesantren Seblak Jombang. Nama lengkap beliau adalah Muhammad Ma’shum bin Ali bin Abdul Jabbar al-Maskumambani (diambil dari tanah kelahiran).

Beliau adalah menantu dari KH. Hasyim Asyari (Pendiri Nahdlatul Ulama). Setelah menikah, beliau diperintah Mbah Hasyim untuk menunaikan ibadah haji dan mematangkan ilmunya di Haramain. Beliau berguru kepada beberapa sahabat KH. Hasyim Asyari, seperti Syekh Baqir al-Jukjawi, Syekh Umar Ibn Sholeh al-Samarani, Syekh Umar Hamdan al-Mahrusi, dan Syekh Mahfuz al-Termasi.

Beliau termasuk ulama produktif yang telah melahirkan berbagai karya, seperti Amtsilah Tasrifiyah, Fathul Qadir, ad-Durus Al-Falakiyah, dan Badi’atul Mitsal. Beliau tutup usia pada 24 Ramadan tahun 1351 Hijriah atau bertepatan pada 8 Januari tahun 1933 (sebelum Indonesia Merdeka).

Download Kitab Amtsilah Tasrifiyah PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja.com akan membagikan kitab Amtsilah Tasrifiyah dalam format PDF. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Amtsilah Tasrifiyah PDF (Google Drive)

Download Kitab Amtsilah Tasrifiyah PDF (Link Alternatif)


Download Kitab Amtsilah Tasrifiyah PDF Kertas Putih

Download Ringkasan Terjemah Amtsilah Tasrifiyah PDF 


Download Kitab Terjemah Amtsilah Tasrifiyah dan I’lalnya PDF

Download Kitab Terjemah Amtsilah Tasrifiyah PDF (SCRIBD)

Untuk mendukung UMKM yang menyediakan berbagai kitab fisik, kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-toko offline maupun online.

Demikian pembahasan mengenai kitab Amtsilah Tasrifiyah lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam