Kitab Anwarul Masalik Syarah Umdatus Salik PDF Arab dan Terjemahnya

Daftar Isi

Kitab Anwarul Masalik Syarah Umdatus Salik PDF Arab dan Terjemahnya
Abusyuja.com – Kitab Anwarul Masalik merupakan salah satu kitab dalam bidang fikih yang dikarang oleh Syekh Muhammad al-Zuhri al-Ghamrawi. Nama lengkap kitab ini adalah Anwarul Masalik Syarah Umdatus Salik.

Seperti namanya, kitab ini adalah syarah dari kitab Umdatus Salik karya Imam Syihabuddin Abu al-Abbas Ahmad bin al-Naqib al-Mishri (702-769 H), atau masyhur dikenal dengan gelar Ibnu al-Naqib al-Mishri.


Seperti kitab syarah pada umumnya, kitab ini mencoba menjabarkan setiap kunci pembahasan dan menambahkan beberapa penjelasan tentang kaidah-kaidah bahasa yang dipakai oleh pengarang asal.

Sekilas Tentang Kitab Anwarul Masalik

Secara ringkas, kitab Anwarul Masalik ini menjabarkan 3 pokok pembahasan. Pertama, mengenai fikih ubudiah, yaitu membahas berbagai persoalan ibadah umat. Kedua, fikih muamalah, yaitu membahas berbagai persoalan yang berkaitan dengan transaksi. Ketiga, fikih hukum yang mencakup hukum keluarga dan hukum pidana. Dari keseluruhan pembahasan, penulis membaginya menjadi 9 (sembilan) pokok bab, 56 pasal, serta 73 sub bab.

Kitab ini tentunya menjadi salah satu rujukan penting, khususnya dalam fikih bidang mazhab Syafii. Menyinggung soal kitab Umdatus Salik, kitab ini juga cukup populer di kalangan pesantren. Sifatnya yang independen (bukan syarah dari kitab lain) membuat kitab ini masuk ke kategori mukhtasar (ringkasan) dalam mazhab Syafii. Bahkan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing.

Download Kitab Anwarul Masalik

Berikut adalah link download Kitab Anwarul Masalik dalam dua versi, versi arab saja dan versi terjemah, semuanya dalam format PDF. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Anwarul Masalik Syarah Umdatus Salik Arab PDF


Download Kitab Anwarul Masalik Syarah Umdatus Salik Terjemah Indonesia PDF

Untuk mendukung UMKM yang menyediakan berbagai kitab fisik, kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-toko offline maupun online.

Demikianlah pembahasan mengenai kitab Anwarul Masalik Syarah Umdatus Salik lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam