Download Kitab Arbain fi Ushuludin Imam Ghazali PDF

Daftar Isi

Download Kitab Arbain fi Ushuludin Imam Ghazali PDF
Abusyuja.com – Kitab Arbain fi Ushuludin merupakan kitab yang membahas tentang ilmu tasawuf yang kemudian diramu dengan ilmu tauhid dan ilmu fikih. Kitab ini sangat populer di kalangan pesantren.

Seperti namanya, “Arbain”, kitab ini berisikan 40 prinsip agama yang terbagi menjadi empat bagian:

10 bagian pertama membahas tentang teologis, di antaran yaitu: zat (esensi), taqdits (saintifikasi, qudrat (kuasa), 'ilmu (pengetahuan, iradah (kehendak), sama’ dan bashar (mendengar dan melihat), kalam (firman), af’al (amal/perbuatan), yaumul akhir (eskatologi), dan nubuwah (kenabian).


10 bagian kedua membahas tentang prinsip aktivitas, di antara yaitu: salat, zakat, sedekah, puasa, haji, qirat, Al-Qur’an, zikir kepada Allah, mencari rezeki halal, menunaikan hak umat Islam, bergaul amar makruf nahi mungkar, dan mengikuti sunah.

10 bagian ketiga membahas tentang prinsip dalam membersihkan hati dan akhlak tercela, di antaranya yaitu: sering makan, banyak bicara, marah, dengki, pelit, cinta duniawi, ambisius, cinta pangkat, cinta dunia, sombong, ujub, dan riya’.

10 bagian keempat membahas tentang akhlak terpuji, di antara yaitu: taubat, khauf (takut), zuhud, sabar, syukur, ikhlas, jujur, tawakal, mahabah, rida dengan ketetapan Allah, dan mengingat kematian.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Arbain fi Ushuludin

Kitab Arbain fi Ushuludin dikarang oleh Imam Ghazali. Nama lengkap beliau Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Ibnu Muhammad al Ghazali lahir di kota Thos, Khurasan, Persia, pada tahun 450 H. Beliau belajar fiqih pada Ulama Syafiiyah, yaitu Imamul Haraini Abdul Imamul Haraini Abul Nfa'ali Al-Juwaini (w 478 H).

Beliau (Imam Ghazali) adalah ulama alim kubra, seorang ahli sufi sekaligus ulama hukum yang memiliki gelar Zainuddin Hujatul Islam. Beliau ulama terkemuka yang memiliki pengaruh besar pada dunia Islam. Beliau juga memiliki majelis pengajian yang orang-orang beri julukan sebagai “Majelis 300 Sorban besar”. Selain ahli fiqih, beliau juga merupakan ahli ilmu tasawuf yang tidak ada tandingannya kala itu. Dalam riwayatnya beliau pernah mengajar pada Sekolah Tinggi Syafiiyah di Baghdad tahun 484 H.

Download Kitab Arbain fi Ushuludin PDF

Sesuai judul di atas, berikut adalah link download kitab Arbain fi Ushuludin PDF:

Download Kitab Arbain fi Ushuludin Karya Imam Ghazali PDF


Download Kitab Arbain fi Ushuludin Karya Imam ar-Razi PDF

Untuk mendukung UMKM yang menyediakan berbagai kitab fisik, kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-toko offline maupun online

Demikian pembahasan mengenai kitab Arbain fi Ushuludin lengkap dengan link download dan biografi singkat pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam