Download Kitab Arba'un Al-Buldaniyyah PDF Karya Syekh Yasin Al-Fadani

Daftar Isi

Download Kitab Arba'un Al-Buldaniyyah Karya Syekh Yasin Al-Fadani
Abusyuja.com – Kitab Arba'un Al-Buldaniyyah adalah kitab yang menghimpun 40 hadis dari 40 mukharij dari 40 kota yang mana mereka mewakili proses transmisi keberlanjutan kajian hadis di Indonesia.

Dalam transmisi periwayatan hadis di Indonesia antara abad-19 sampai abad-20, para ulama zaman tersebut masih sangat menjaga model periwayatan klasik, yaitu model sanad “tersambung” antara guru dan muridnya. Model seperti ini terbukti dapat menjaga kredibilitas hadis yang mana terus berlangsung hingga sekarang, bahkan sudah dimulai dari periode kebangkitan pengetahuan Islam (abad-13).

Di dalam kitab Arba'un Al-Buldaniyyah ini terdapat 11 perawi Indonesia yang diriwayatkan dari Syekh Yasin Al-Fadani. Begitu hebat kegigihan beliau dalam mencari sanad hadis dari berbagai ulama. Kecintaan beliau terhadap ilmu beliau buktikah lewat rihlah intelektual demi mendapatkan periwayatan hadis dari para guru-gurunya.

Tidak hanya dari Indonesia, beliau juga mendapatkan perawi-perawi dari negara lain, seperti Arab Saudi, Malaysia, bahkan India. Itulah alasan mengapa kitab ini dinamai Arba'un Al-Buldaniyyah (empat puluh hadis kenegaraan).


Dalam kitab Arba'un Al-Buldaniyyah, Syekh Yasin banyak meriwayatkan hadis yang berasal dari guru-gurunya dari Indonesia, di antaranya adalah KH. Hasyim Asy’ari (Jombang), Kyai Jama’an bin Samun (Tangerang), Kyai Ma’sum (Lasem), Sayyid Umar bin Taha (Surabaya), Sayyid Hamid (Malang), KH. Hasan Genggong (Genggong Probolinggo), Kyai Ahmad Marzuqi (Batavia, Jakarta), Syekh Muhsin bin Raden Muhammad (Banten), dan masih banyak lagi. Dalam penyampaiannya, beliau menggunakan model lafal “Anbaana” dan “Akhbarna”.

Sekilas Tentang Syekh Yasin Al-Fadani

Nama lengkap beliau adalah Syekh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani. Beliau lahir pada 17 Juni 1915 dan wafat pada 20 Juli 1990. Beliau adalah ulama sanad hadis, Ilmu Falak, bahasa Arab, serta pendiri Madrasah Darul Ulum al-Diniyah (1934), Mekkah.

Sejak kecil beliau dididik oleh ayahnya sendiri, Syekh Muhammad Isa, ulama asli asal Padang, Sumatera Barat. Kemudian remajanya melanjutkan pendidikannya di Madrasah Al-Shaulatiyah (1929H), salah satu madrasah legendaris Mekkah yang didirikan oleh Syekh Rahmatullah Ibnu Khalil India.

Setelah menyelesaikan studi formal, beliau mengasah keilmuannya lagi di beberapa ulama besar Timur Tengah. Di samping aktif belajar, beliau juga rutin memberi kuliah di Masjidilharam, khususnya dalam bidang ilmu hadis.

Beliau juga sangat produktif, kurang lebih beliau telah mengarang 97 buku, 9 buku tentang ilmu hadis, 25 buku tentang usul fikih, dan 36 buku tentang ilmu falak. Banyak karya beliau yang dijadikan rujukan penelitian, baik di belahan Arab Saudi maupun Asia Tenggara. Bahkan kitabnya yang berjudul, Al-Fawaid al-Janiyyah, menjadi salah satu materi silabus dalam mata kuliah ushul fikih di Fakultas Syariah Al-Azhar Kairo, Mesir.

Download Kitab Arba'un Al-Buldaniyyah PDF

Sesuai judul di atas, kami akan bagikan kitab Arba'un Al-Buldaniyyah karya Syekh Yasin. Kami juga akan membagikan beberapa kitab beliau lainnya:

Download Kitab Arba'un Al-Buldaniyyah Syekh Yasin PDF


Download Kitab Arba’un Haditsan Syekh Yasin PDF

Demikian pembahasan mengenai kitab Arba'un Al-Buldaniyyah lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam