Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF 4 Jilid Lengkap

Daftar Isi

Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF 4 Jilid Lengkap
Abusyuja.com – Kitab Asybah Wan Nadhoir adalah kitab yang membahas tentang kaidah-kaidah fikih pilihan yang dikemas secara singkat, padat, dan sistematis. Kitab ini berisikan kaidah-kaidah pilihan yang diambil dari kitab-kitab masyhur sebelumnya, di antaranya yaitu Asybah Wan Nadhoir karya Tajuddin As-Subki, Al-Majmu’ al-Mudzab fi Dhabthi Qawaidil Mazhab karya Abu Said Al-Alai, Al-Mantsur fil Qawaid, dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Kitab Asybah Wan Nadhoir

Kitab ini dikarang oleh Imam Jalaluddin Abdurrahman bin Abu Bakar as-Suyuthi. Sebelum menulis kitab ini, beliau telah terinspirasi dengan kitab pendahulunya, Sawaridul Fawaid karya Imam Subuki.

Kitab yang bercorak mazhab Syafii ini unggul dari beberapa hal. Pertama, penyampaiannya ringkas dan dilengkapi dengan analisis kritis dan komparasi antar pendapat ulama lain. Kedua, referensi yang beliau gunakan diambil dari kitab-kitab fikih mazhab Syafii terkemuka, seperti Raudlatut Thalibin dan Al-Manhaj (Imam Nawawi).

Sekilas Tentang Pengarang Asybah Wan Nadhoir

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengarang Asybah Wan Nadhoir adalah Imam Suyuthi. Jalaluddin as-Suyuthi atau yang masyhur disapa Imam Suyuthi ini lahir pada 1445 Masehi atau 849 Hijriah, beliau merupakan salah satu ulama besar yang hidup pada abad ke-15 di Kairo Mesir.

Di dalam kitabnya, Khusna al-Muhadharah, disebutkan bahwa ia telah mendapatkan 150 ijazah dari 150 gurunya. Di antara guru-guru beliau yang paling masyhur adalah Al-Bulqini dan Taqiyyudin al-Manaawi.


Sedari kecil, beliau telah dikaruniai kecerdasan di atas rata-rata, hidup di lingkungan yang kondusif dan damai, sertai lingkungan keluarga yang kental akan nuansa keilmuan.

Tidak hanya sebatas guru laki-laki saja, beliau juga berguru pada perempuan yang ahli dalam bidah fikih maupun hadis, di antaranya yaitu Ummu Fadhal binti Muhammad Al-Maqdisi, Ummu Hana Al-Mishriyyah, Aisyah bin Abdil Hadi, Sarah binti As-Siraj bin Jama’ah, dan Zainab binti Al-Hafizh Al-Iraqi.

Dari segi keilmuan, beliau tidak perlu diragukan lagi. Lewat karya fenomenalnya, Tafsir Jalalain, yang dikonsumsi oleh umat Muslim sedunia, khususnya dalam bidang tafsir, sudah lebih dari cukup menjadi bukti tentang kepakaran keilmuannya.

Setelah menciptakan puluhan karya, beliau memutuskan untuk memfokuskan diri untuk beribadah, mengkaji tulisan-tulisannya kembali, serta menjauhi kiprah duniawinya di usia empat puluh tahun.

Dan di usia 61 tahun, beliau wafat pada hari Jumat, 19 Jumadilawal 911 Hijriah di kediamannya, Radhah, dekat sungai Nil. Dan pemakamannya pun dihadiri ribuan orang.

Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF 4 Jilid Lengkap

Sesuai judul di atas, Abusyuja akan membagikan kitab Asybah Wan Nadhoir PDF 4 Jilid Lengkap. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF Jilid 1


Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF Jilid 2

Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF Jilid 3

Download Kitab Asybah Wan Nadhoir PDF Jilid 4

PERHATIAN: Kami menyarankan Anda juga perlu memiliki versi terbitannya yang telah beredar banyak di toko-toko offline maupun online seperti di Shopee atau Tokopedia.

Demikian penjelasan mengenai Kitab Asybah Wan Nadhoir lengkap dengan biografi singkat pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam