Surat Al-Infitar: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Infitar: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Infitar (Arab:الانفطار) adalah surat ke-82 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 19 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Surat Al-Infitar diturunkan setelah Surat An-Nazi’at. Ia dinamakan Surat Al-Infitar karena merujuk pada lafaz infitharat (terbelah) yang terdapat pada ayat pertama.

Bacaan Surat Al-Infitar Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Al-Infitar arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِذَا السَّمَاۤءُ انْفَطَرَتْۙ ١

وَاِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْۙ ٢

وَاِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْۙ ٣

وَاِذَا الْقُبُوْرُ بُعْثِرَتْۙ ٤

عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ وَاَخَّرَتْۗ ٥

يٰٓاَيُّهَا الْاِنْسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الْكَرِيْمِۙ ٦

الَّذِيْ خَلَقَكَ فَسَوّٰىكَ فَعَدَلَكَۙ ٧

فِيْٓ اَيِّ صُوْرَةٍ مَّا شَاۤءَ رَكَّبَكَۗ ٨

كَلَّا بَلْ تُكَذِّبُوْنَ بِالدِّيْنِۙ ٩

وَاِنَّ عَلَيْكُمْ لَحٰفِظِيْنَۙ ١٠

كِرَامًا كٰتِبِيْنَۙ ١١

يَعْلَمُوْنَ مَا تَفْعَلُوْنَ ١٢

اِنَّ الْاَبْرَارَ لَفِيْ نَعِيْمٍۙ ١٣

وَّاِنَّ الْفُجَّارَ لَفِيْ جَحِيْمٍ ١٤

يَصْلَوْنَهَا يَوْمَ الدِّيْنِ ١٥

وَمَا هُمْ عَنْهَا بِغَاۤىِٕبِيْنَۗ ١٦

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا يَوْمُ الدِّيْنِۙ ١٧

ثُمَّ مَآ اَدْرٰىكَ مَا يَوْمُ الدِّيْنِۗ ١٨

يَوْمَ لَا تَمْلِكُ نَفْسٌ لِّنَفْسٍ شَيْـًٔا ۗوَالْاَمْرُ يَوْمَىِٕذٍ لِّلّٰهِ ࣖ ١٩

Pokok Kandungan Surat Al-Infitar

Di antara pokok kandungan Surat Al-Infitar adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan kejadian-kejadian yang terjadi pada hari kiamat;
  2. Peringatan manusia agar tidak terperdaya sehingga durhaka kepada Allah Swt.;
  3. Penjelasan bahwa adanya malaikat yang selalu menjaga dan mencatat segala amal perbuatan manusia di masa hidupnya, baik amal baik maupun buruk;
  4. Diceritakan bahwa di hari kiamat, seseorang tidak akan bisa menolong orang lain. Sebab hanya kekuatan Allah-lah yang berlaku di situ.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Infitar

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Infitar adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Infitar termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, Surat Al-Infitar dapat dijadikan wasilah melihat Allah tanpa penghalang di akhirat.

Husain Abi Al-‘Ala’, berkata, “Saya mendengar Abu Abdullah berkata, ‘Barangsiapa yang membaca dua surat ini, dan menjadikan keduanya pada matanya di dalam salat fardu dan sunah, yakni idzas-sama’un-fatharat (Surat Al-Infithar), dan idzas-sama’un-syaqqat (Surat Al-Insyiqaq), tiada penghalang yang menghalanginya dari Allah, tidak ada pemisah yang memisahkannya dari Allah, dan ia senantiasa melihat Allah dan Allah juga melihatnya hingga ia selesai dilihat.’” (Tswabul A’mal, halaman 151)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Al-Infitar akan diselamatkan dari terbukanya aib dan dapat dijadikan doa untuk terlepas dari penjara.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Infithar), maka Allah akan melindunginya saat terbukanya aib manusia ketika buku catatan amal perbuatan dibentangkan, auratnya ditutup, dalam keadaan baik ketika hari kiamat. Dan barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia dalam keadaan dipenjara, dan diikat, maka Allah akan memudahkannya keluar dan melepaskannya dari penjara itu, dari sesuatu yang ia takuti dan keadaannya akan membaik secepatnya, dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 229)

Keutamaan keempat, orang yang membaca Surat Al-Infitar akan diampuni dosanya, penglihatannya akan dikuatkan, dan disembuhkan penyakit matanya.

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya ketika hujan turun, maka Allah akan memberikan ampunan kepadanya sebanyak setiap tetesan hujan yang jatuh. Dan barangsiapa yang membacanya atas matanya, maka penglihatannya dikuatkan dan dihilangkan penyakit matanya, atau penyakit selaput mata, dengan kekuasaan Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 229)

Demikian bacaan Surat Al-Infitar lengkap dengan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam