Download Kitab Alala PDF Bahasa Jawa dan Terjemah Indonesia (Latin)

Daftar Isi

Download Kitab Alala PDF Bahasa Jawa dan Terjemah Indonesia (Latin)
Abusyuja.com – Kitab Alala merupakan kitab sederhana yang masyhur digunakan untuk membangkitkan semangat belajar bagi para pelajar Islami. Kitab ini berisikan 37 bait nadhom atau syair dalam bahasa Arab yang menjelaskan tentang kiat-kiat sukses dalam belajar.

Tidak hanya belajar, kitab ini juga membahas tentang bagaimana cara memilih teman, keutamaan ilmu, dan wejangan untuk mendorong niat belajar. Kitab Alala sendiri bersumber dari kitab motivasi belajar paling fenomenal karya Imam Zarnuji, yakni Ta’lim Muta’alim.

Modelnya yang ringkas dan mudah dipahami membuat kitab ini sangat cocok ditujukan bagi para pelajar atau santri pemula. Biasanya di pondok-pondok pesantren, kitab ini menjadi bahan ajar dasar wajib sebelum santri mengaji kitab Ta’lim Muta’alim.

Selain bahasa Arab, kitab ini juga dibekali dengan terjemah Bahasa Jawa, bukan dengan huruf Abjad, melainkan menggunakan huruf Arab Pegon. Namun bagi Anda yang tidak bisa membaca Arab Pegon, kami akan sertakan link download Kitab Alala versi Terjemah Indonesianya.


Kitab yang bahkan tidak menyentuh 10 halaman ini biasanya dinyanyikan dengan irama-irama lagu agar mudah dihafal. Hal ini tentu sejalan dengan target pembaca kitab ini, yaitu para pelajar anak-anak yang lazimnya gemar bernyanyi.

Di antara yang dibahas dalam kitab ini adalah modal mencari ilmu, mencari teman, keutamaan ilmu, metode mencari ilmu, fikih dan keutamaannya, keutamaan ahli fikih dan ahli ibadah, belajar harus bersusah-payah, jangan banyak bicara, bahaya lisan, keutamaan orang yang berilmu, dan masih banyak lagi.

Kitab ini memang bukan kitab dasar sempurna, mengingat kesempurnaan “hanyalah” milik Allah SWT. Dalam beberapa sisi, kitab ini sudah mendekati sempurna, namun kekurangannya hanya satu, kitab ini tidak menyebutkan siapa pengarangnya. Kitab Alala tidak memiliki pengarang, hanya tertulis nama Pesantren Lirboyo.

Dalam tradisi pesantren, mengirim Al-Fatihah untuk pengarang kitab adalah hal lazim sebagai bentuk mencari keberkahan. Jika tidak disebutkan penulisnya, tentu hal ini akan menyulitkan bagi mereka yang ingin mengkaji kitabnya.

Selain itu, kitab ini juga kurang cocok untuk dipelajari otodidak, diperlukan guru yang mampu menjabarkan makna yang mendalam atau filosofi yang tersimpan pada setiap baitnya.

Download Kitab Alala PDF Bahasa Jawa dan Terjemah Indonesia

Sesuai judul di atas, berikut adalah link download Kitab Alala dalam format PDF lengkap:

Download Kitab Alala PDF Bahasa Arab dan Makna Jawa (Pegon)


Download Kitab Alala PDF Terjemah Indonesia (Latin)

Demikian kajian kitab Alala lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam