Download Kitab Matan Al-Asymawiyah PDF

Daftar Isi

Download Kitab Matan Al-Asymawiyah PDF
Abusyuja.com – Kitab Matan Al-Asymawiyah adalah salah satu kitab bidang fikih mazhab Maliki. Seperti kitab-kitab fikih pada umumnya, kitab Matan Al-Asymawiyah ini fokus kajiannya adalah seputar bab ibadah badaniah, seperti taharah, salat, dan puasa.

Kitab Matan Al-Asymawiyah ini dikarang oleh Abul Mawahib al-Tsaniyah Abdul Bari Asymawi, atau akrab dikenal dengan panggilan Imam Al-Asymawi.

Sedikit berbeda tentunya dengan mazhab Syafii yang mayoritas digunakan di Indonesia, kitab Matan Al-Asymawiyah ini tidak memasukkan zakat dan haji ke dalam bab ibadah badaniah.

Kitab Matan Al-Asymawiyah mengawali pembahasannya pada bab taharah, yang meliputi macam-macam hadas, macam-macam air wudu, rukun dan fadhilah wudu dan tayamum, kemudian mandi.

Pembahasan berikutnya adalah mengenai hal ihwal dalam salat, seperti syarat-syarat salat, rukun-rukun salat, hal-hal yang disunahkan ketika salat, hal-hal yang dimakruhkan ketika salat, hal-hal yang membatalkan salat, dan yang terakhir perihal sujud sahwi dalam salat.

Pembahasan berikutnya adalah mengenai salah berjamaah, seperti syarat imam dan makmum, salat Jumat dan jenazah, dan beberapa ketentuan di dalamnya.

Pembahasan terakhir dalam kitab ini adalah mengenai puasa, seperti rukun-rukun puasa, sunah-sunah puasa, hal yang dimakruhkan ketika puasa, macam-macam puasa sunah, puasa Arafah, Rajab, Syakban, dan beberapa ketentuan lainnya.

Sedangkan bab zakat dan haji memang sengaja tidak ditulis dalam kitab ini. Menurut hemat penulis, mungkin karena kedua rukun Islam ini dirasa tidak terlalu berkaitan dengan aktivitas ibadah keseharian.

Dibandingkan dengan kajian kitab fikih mazhab Syafii yang jauh lebih lengkap, bahkan sampai menyinggung soal bab muamalah. Perbedaan ini tentu tidak mempengaruhi keabsahan dari kedua mazhab tersebut.

Salah satu keistimewaan dari kitab ini adalah di dalamnya mengandung makna yang luas, sehingga banyak ulama-ulama lain yang mensyarahinya.

Download Kitab Matan Al-Asymawiyah

Sesuai judul di atas, berikut adalah link download kitab Matan Al-Asymawiyah PDF:


Download Kitab Matan Al-Asymawiyah PDF


Demikian resensi kitab Matan Al-Asymawiyah lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam