Surat Al-Lail: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Lail: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Lail (Arab:الّيل) adalah Surat ke-92 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 21 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surat Al-Lail karena merujuk pada lafaz al-lail yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Bacaan Surat Al-Lail Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Al-Lail Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىۙ ١

وَالنَّهَارِ اِذَا تَجَلّٰىۙ ٢

وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْاُنْثٰىٓ ۙ ٣

اِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتّٰىۗ ٤

فَاَمَّا مَنْ اَعْطٰى وَاتَّقٰىۙ ٥

وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰىۙ ٦

فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْيُسْرٰىۗ ٧

وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ ٨

وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰىۙ ٩

فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰىۗ ١٠

وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓۙ ١١

اِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدٰىۖ ١٢

وَاِنَّ لَنَا لَلْاٰخِرَةَ وَالْاُوْلٰىۗ ١٣

فَاَنْذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظّٰىۚ ١٤

لَا يَصْلٰىهَآ اِلَّا الْاَشْقَىۙ ١٥

الَّذِيْ كَذَّبَ وَتَوَلّٰىۗ ١٦

وَسَيُجَنَّبُهَا الْاَتْقَىۙ ١٧

الَّذِيْ يُؤْتِيْ مَالَهٗ يَتَزَكّٰىۚ ١٨

وَمَا لِاَحَدٍ عِنْدَهٗ مِنْ نِّعْمَةٍ تُجْزٰىٓۙ ١٩

اِلَّا ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْاَعْلٰىۚ ٢٠

وَلَسَوْفَ يَرْضٰى ࣖ ٢١

Pokok Kandungan Surat Al-Lail

Di antara pokok kandungan Surat Al-Lail adalah sebagai berikut:

  1. Usaha manusia itu berlainan, karena itu balasannya berlainan juga;
  2. Orang yang berderma dan bertakwa akan dimudahkan oleh Allah dalam melakukan kebaikan yang membawanya kepada kebahagiaan akhirat;
  3. Sedangkan orang yang dimudahkan oleh Allah melakukan kejahatan-kejahatan membawa kesengsaraan di akhirat, maka harta benda tidak akan memberi manfaat apapun kepadanya.
  4. Orang yang bakhil merasa dirinya cukup dan mendustakan adanya pahala yang baik.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Lail

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Lail adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Lail termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Al-Lail, kelak apa pun yang ada pada dirinya akan bersaksi di hari kiamat, ia akan masuk surga lewat pintu mana saja yang ia kehendaki.

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Al-Lail akan dihilangkan kesulitannya, diberi kemudahan, dan diberi kekayaan. Orang yang membacanya dalam salat Isya, diibaratkan seperti membaca seperempat Al-Qur’an.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-Lail), maka Allah akan memberinya hingga ia merasa puas, menghilangkan kesulitannya, memberinya kemudahan, dan memberinya kekayaan. Dan barangsiapa yang membacanya sebanyak lima belas kali sebelum tidur, maka ia tidak akan melihat dalam tidurnya (dalam mimpi), kecuali yang disukai dan tidak akan melihat hal-hal buruk. Dan barangsiapa yang salat dengan membacanya di waktu Isya akhir, maka seakan-akan ia salat dengan seperempat (Al-Qur’an) dan salatnya pun diterima. (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 302)

Sedangkan dalam riwayat lain, Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang membacanya (Surat Al-Lail), maka Allah memberikan karunia kepadanya hingga ia merasa puas, menghilangkan kesulitannya, dan memberinya kemudahan. Dan barangsiapa yang membacanya ketika hendak tidur sebanyak dua puluh kali, maka ia tidak akan bermimpi, kecuali (mimpi) baik, dan tidak akan bermimpi buruk selamanya. Dan barangsiapa yang salat dengan membacanya di waktu Isya akhir, maka seakan-akan ia akan membaca seluruh Al-Qur’an dan salatnya diterima. (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 302)

Keutamaan keempat, Surat Al-Lail dapat dijadikan doa untuk orang pingsan agar cepat sadar.

Ash-Shidiq berkata, “Barang siapa yang membacanya selama lima belas kali, maka ia tidak akan melihat sesuatu yang dibencinya, tidur dengan nyenyak, dan Allah akan melindunginya. Dan barangsiapa yang membacanya pada telinga orang yang pingsan, maka ia akan sadar dengan cepat.”

Demikian bacaan Surat Al-Lail lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam