Surat Asy-Syams: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Asy-Syams: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Asy-Syams (Arab: الشّمس) adalah surat ke-91 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 15 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Surat Asy-Syams diturunkan setelah Surat Al-Qadr. Ia dinamakan Surat Asy-Syams (matahari0 karena merujuk pada lafaz asy-syams yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Bacaan Surat Asy-Syams Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Asy-Syams Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَاۖ ١

وَالْقَمَرِ اِذَا تَلٰىهَاۖ ٢

وَالنَّهَارِ اِذَا جَلّٰىهَاۖ ٣

وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىهَاۖ ٤

وَالسَّمَاۤءِ وَمَا بَنٰىهَاۖ ٥

وَالْاَرْضِ وَمَا طَحٰىهَاۖ ٦

وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰىهَاۖ ٧

فَاَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰىهَاۖ ٨

قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ ٩

وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ ١٠

كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ بِطَغْوٰىهَآ ۖ ١١

اِذِ انْۢبَعَثَ اَشْقٰىهَاۖ ١٢

فَقَالَ لَهُمْ رَسُوْلُ اللّٰهِ نَاقَةَ اللّٰهِ وَسُقْيٰهَاۗ ١٣

فَكَذَّبُوْهُ فَعَقَرُوْهَاۖ فَدَمْدَمَ عَلَيْهِمْ رَبُّهُمْ بِذَنْۢبِهِمْ فَسَوّٰىهَاۖ ١٤

وَلَا يَخَافُ عُقْبٰهَا ࣖ ١٥

Pokok Kandungan Surat Asy-Syams

Di antara pokok kandungan Surat Asy-Syams adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan bahwa kaum Tsamud dihancurkan oleh Allah karena kedurhakaan mereka;
  2. Allah menegaskan bahwa hal itu amatlah mudah bagi-Nya, sebagaimana mudahnya menciptakan benda-benda alam, siang dan malam;
  3. Allah memberitahukan kepada umat manusia jalan ketakwaan dan jalan kekafiran;
  4. Manusia memiliki kebebasan memilih antara kedua jalan tersebut.

Keutamaan dan Khasiat Surat Asy-Syams

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Asy-Syams adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Asy-Syams termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang istiqamah membaca Surat Asy-Syams, apapun yang ada pada dirinya akan bersaksi di hari kiamat kelak, dan ia akan masuk surga dari pintu yang diinginkannya.

Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang memperbanyak bacaan Surat Asy-Syams, di siang atau malam hari, maka tidak ada suatu yang menghadirinya kecuali bersaksi untuknya di hari kiamat, hingga rambutnya, kulitnya, dagingnya, darahnya, uratnya, syarafnya dan tulangnya. Dan Tuhan pun berfirman, ‘Aku menerima kesaksian kalian untuk hamba-Ku dan Aku akan membalasnya. Pergilah kalian untuk hamba-Ku dan Aku akan membalasnya. Pergilah kalian dengannya menuju surga-surga-Ku, hingga ia dapat memilih surga mana pun yang ia inginkan. Lalu berikanlah semua itu kepadanya, bukan sebagai karunia, namun karena rahmat-Ku untuknya. Keutamaan atasnya dan kemudahan untuk hamba-Ku.’” (Tswawabul A’mal, halaman 153)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Asy-Syams diibaratkan bersedekah kepada seluruh manusia, dan memperoleh taufik dari Allah SWT.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini, maka ia akan bersedekah kepada orang yang matahari dan bulan terbit padanya. Dan barangsiapa yang sedikit taufik, maka ia dapat membacanya secara istiqamah, maka Allah akan memberikan taufik di mana pun ia berada. Surat ini juga dapat menambah hafalan, diterima di sisi masyarakat dan pangkat (jabatan).” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 296)

Keutamaan keempat, Surat Asy-Syams dapat dijadikan doa sebagai wasilah untuk memperoleh pertolongan bagi orang yang “sulit” rezekinya, serta banyak ditimpa kerugian dan kesedihan. Surat Asy-Syams juga dapat berfungsi sebagai obat demam.

Ash-Sidiq berkata, “Disunahkan bagi orang yang sedikit rezeki dan taufik, serta banyak kerugian dan kesedihan, agar senantiasa membacanya (Surat Asy-Syams), karena di dalamnya terdapat pertolongan. Dan barangsiapa yang meminum airnya, maka dapat menenangkan demam (disertai menggigil) dengan izin Allah.(Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 296)

Demikian bacaan Surat Asy-Syams lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam