Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surah Al-'Asr: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Surah Al-'Asr: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surah Al-'Asr (Arab: سورة العصر) adalah surat ke-103 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 3 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surah Al-'Asr karena merujuk pada lafaz al-‘ashr (masa/waktu) yang terdapat pada ayat pertama.

Bacaan Surah Al-'Asr Arab Saja

Berikut adalah bacaan atau tulisan Surah Al-'Asr Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالْعَصْرِۙ ١

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ ٢

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ࣖ ٣

Pokok Kandungan Surah Al-'Asr

Adapun inti atau pokok kandungan Surah Al-'Asr adalah semua manusia akan dalam keadaan rugi apabila ia tidak mengisi hidupnya dengan perbuatan-perbuatan yang baik.

Keutamaan dan Khasiat Surah Al-'Asr

Di antara keutamaan dan khasiat Surah Al-'Asr adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surah Al-'Asr termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surah Al-'Asr kelak akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan bergembira hingga masuk surga.

Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang membaca Surat Al-'Ashr di dalam salat sunahnya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan berbahagia hingga ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal, halaman 155)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surah Al-'Asr, Allah akan mencatatnya sebagai sepuluh kebaikan, kelak akan husnulkhatimah, dan dikumpulkan bersama orang-orang yang berada di jalan kebenaran.

Diriwayat dari Nabi bahwa baginda telah bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini, maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, mengakhiri hidup dengan keadaan baik (husnulkhatimah), termasuk dalam orang-orang yang melakukan kebenaran. Dan jika dibacakan di atas harta yang dikuburkan di bawah tanah, atau disimpan, maka Allah akan menjaganya hingga pemiliknya mengeluarkannya.(Tafsirul  Burhan, Juz 8, halaman 379)

Demikian bacaan atau tulisan Surah Al-'Asr Arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya.