Surah Al-Qari'ah: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surah Al-Qari'ah: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surah Al-Qari'ah (Arab:القارعة) adalah surat ke-101 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 11 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surah Al-Qari'ah karena merujuk pada lafaz al-qariah (menggebrak atau mengguncang) yang terdapat pada ayat pertama yang kemudian kata tersebut digunakan untuk nama hari kiamat.

Bacaan Surah Al-Qari'ah Arab Saja

Berikut adalah bacaan atau tulisan Surah Al-Qari'ah Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْقَارِعَةُۙ ١

مَا الْقَارِعَةُ ۚ ٢

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ ٣

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ ٤

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ ٥

فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ ٦

فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ ٧

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ ٨

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ ۗ ٩

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ ١٠

نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ ١١

Pokok Kandungan Surah Al-Qari'ah

Adapun inti atau pokok kandungan Surah Al-Qari'ah adalah menceritakan kejadian-kejadian di hari kaimat, yaitu manusia bertebaran, gunung-gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimpang dan mereka mendapatkan balasan atas perbuatannya di dunia.

Keutamaan dan Khasiat Surah Al-Qari'ah

Di antara keutamaan dan khasiat Surah Al-Qari'ah adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surah Al-Qari'ah termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Keutamaan kedua, orang yang istiqamah membaca Surah Al-Qari'ah akan aman dari fitnah Dajal dan bau neraka Jahanam.

Abi Ja’far berakta, “Barang siapa yang membaca dan memperbanyak bacaannya Surat Al-Qari'ah, maka Allah memberinya keamanan dari fitnah Dajjal dari beriman kepadanya, dan dari hembusan neraka Jahanam di hari kiamat, Insya Allah.(Tsawabul A’mal, halaman 155)

Keutamaan ketiga, orang yang istiqamah membaca Surah Al-Qari'ah akan diberatkan amal kebaikannya di mizan, dan dapat dijadikan doa atau wasilah bagi orang-orang yang bernasib kurang baik (buruk).

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qari'ah), maka Allah akan memberatkan timbangan kebaikannya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada orang yang bernasib buruk dari keluarga dan pelayannya, maka Allah akan membukakan kebaikan dan rezekinya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 368)

Demikian bacaan atau tulisan Surah Al-Qari'ah Arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam