Surat Al-Fil: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Fil: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Fil (Arab:الْفِيلِ) adalah surat ke-105 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 5 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surat Al-Fil karena merujuk pada lafaz al-fil (gajah) yang terdapat pada ayat pertama.

Surat Al-Fil menceritakan kisah pasukan gajah dari Yaman di bawah pimpinan Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun di mana Baginda Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

Bacaan Surat Al-Fil Arab Saja

Berikut adalah bacaan atau tulisan Surat Al-Fil Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ ١

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ ٢

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ ٣

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ ٤

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ ٥

Pokok Kandungan Surat Al-Fil

Adapun inti atau pokok kandungan dari Surat Al-Fil adalah kisah pasukan gajah dari Yaman di bawah pimpinan Abrahah yang diazab oleh Allah dengan mengirimkan sejenis burung yang menyerang mereka hingga binasa.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Fil

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Fil adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Fil termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Al-Fil akan dibangkitkan di hari kiamat di atas kendaraan surga dan didudukkan di atas tempat duduk dari cahaya.

Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang bacaan paling banyaknya adalah Surat Al-Fil, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat di atas kendaraan dari kendaraan surga, hingga ia duduk di atas tempat duduknya dari cahaya di hari kiamat.” (Tsawabul A’mal, halaman 165)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Al-Fil akan memperoleh pahala seperti orang yang tawaf di Ka’bah dan Itikaf di Masjidilharam.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-Fil), maka Allah memberikan karunia pahala seperti orang yang mengelilingi Ka’bah (tawaf) dan itikaf di Masjidilharam. Dan jika dibacakan di atas makanan yang ditakuti, maka ia dapat menjadi obat di dalamnya, sedangkan orang yang memakannya tidak akan tersakati selamanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 392)

Demikian bacaan atau tulisan Surat Al-Fil Arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam