Surat Al-Humazah: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Humazah: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Humazah (arab: الهُمَزة) adalah surat ke-104 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 9 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surat Al-Humazah karena merujuk pada lafaz al-humazah (pengumpat) yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Bacaan Surat Al-Humazah Arab Saja

Berikut adalah bacaan atau tulisan Surat Al-Humazah Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ ١

ۨالَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ ٢

يَحْسَبُ اَنَّ مَالَهٗٓ اَخْلَدَهٗۚ ٣

كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ ٤

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحُطَمَةُ ۗ ٥

نَارُ اللّٰهِ الْمُوْقَدَةُۙ ٦

الَّتِيْ تَطَّلِعُ عَلَى الْاَفْـِٕدَةِۗ ٧

اِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ ٨

فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ ࣖ ٩

Pokok Kandungan Surat Al-Humazah

Adapun inti atau pokok kandungan Surat Al-Humazah adalah ancaman Allah SWT terhadap orang-orang yang mencela orang lain, suka mengumpat, dan suka mengumpulkan harta, namun tidak dinafkahkan di jalan Allah SWT.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Humazah

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Humazah adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Humazah termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Al-Humazah akan dijauhkan dari kefakiran, didatangkan rezeki, serta dihindarkan dari kematian yang buruk.

Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang membaca Surat Al-Humazah di dalam salat wajibnya, maka Allah menjauhkan kefakiran darinya, mendatangkan rezeki kepadanya, dan menghindarkannya dari kematian yang buruk (su’ul khatimah).(Tsawabul A’mal, halaman 155)

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Al-Humazah akan memperoleh pahala sebanyak orang yang mengolok-olok Nabi SAW dan para sahabatnya.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-Humazah), maka ia akan memperoleh pahala sejumlah orang yang mengolok-olok Nabi Muhammad Saw. dan para sahabatnya. Dan jika dibacakan atas (sakit) mata, maka ia dapat bermanfaat baginya." (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 382)

Demikian bacaan atau tulisan Surat Al-Humazah Arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam