Surat Al-Kausar: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Kausar: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Kausar (Arab: الكوثر) adalah surat ke-108 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 3 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah, dan menjadi surat terpendek dalam Al-Qur’an.  Ia dinamakan Surat Al-Kausar karena merujuk pada lafaz al-kautsar (nikmat yang banyak) yang terdapat pada ayat pertama. Surat ini menjadi penghibur hari-hari Nabi Muhammad SAW

Bacaan Surat Al-Kausar Arab Saja

Berikut adalah bacaan atau tulisan arab Surat Al-Kausar yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ ١

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ ٢

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ ٣

Pokok Kandungan Surat Al-Kausar

Adapun inti atau pokok kandungan Surat Al-Kausar adalah Allah telah melimpahkan nikmat yang banyak, maka dirikanlah salat dan berkurbanlah. Nabi Muhammad SAW akan memiliki pengikut banyak sampai hari kiamat, dan nama yang baik di dunia dan akhirat, tidak seperti yang dituduhkan oleh orang-orang yang membencinya.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Kausar

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Kausar adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Kausar termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang istiqamah membacanya kelak akan diberi minum dari telaga Alkautsar dan dicatat perbuatan sepuluh kebaikan sejumlah semua orang yang berkurban di hari berkurban.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-Kautsar), maka Allah akan memberinya minum dari telaga Alkautsar dan dari semua telaga yang ada di surga. Allah juga mencatatnya berbuat sepuluh kebaikan sejumlah seluruh orang yang berkurban di yaumun-nahr...” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 398)

Keutamaan ketiga, Surat Al-Kausar dapat dijadikan wasilah doa agar bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang membacanya (Surat Al-Kautsar), maka Allah akan memberinya minum dari telaga Alkautsar dan dari semua telaga di surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam Jumat sebanyak seratus kali dengan sempurna, maka ia dapat melihat Nabi di dalam tidurnya (mimpi), dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 398)

Sedangkan dalam kitab Khawashul Qur’an disebutkan bahwa barang siapa yang membaca Surat Alkautsar sebanyak seribu kali di malam Jumat setelah salat malam dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. dan keluarganya, sebanyak seribu kali juga, maka ia dapat melihat Nabi di dalam tidurnya.

Demikian bacaan atau tulisan Surat Al-Kausar arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam