Surat Al-Ma'un: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Al-Ma'un: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Al-Ma'un (Arab:الْمَاعُونَ) adakah surat ke-107 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 7 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surat Al-Ma'un karena merujuk pada lafaz al-ma’un yang terdapat pada ayat terakhir dari surat ini.

Bacaan Surat Al-Ma'un Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Al-Ma'un Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ ١

فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ ٢

وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ ٣

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَۙ ٤

الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ ٥

الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَۙ ٦

وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ ࣖ ٧

Pokok Kandungan Surat Al-Ma'un

Adapun inti atau pokok kandungan dari Surat Al-Ma'un adalah menjelaskan tentang beberapa sifat manusia yang dianggap sebagai mendustakan agama, serta ancaman terhadap orang-orang yang melakukan salat dengan lalai dan riya.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Ma'un

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Ma'un adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Al-Ma'un termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Al-Ma'un termasuk “orang yang salat”, puasanya diterima Allah, dan tidak akan dihisab apa yang dilakukannya selama hidup di dunia.

Abu Ja’far berkata, “Barang siapa yang membaca Surat Al-Ma’un di dalam salat wajib dan sunahnya, maka ia termasuk orang yang Allah menerima salat dan puasanya. Dan ia juga tidak akan dihisab atas apa yang dilakukannya selama hidup di dunia.(Tsawabul A’mal, halaman 156)

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (Surat Al-Ma’un), maka Allah mengampuninya selama ia menunaikan zakat. Dan barangsiapa yang membacanya di salat subuh, maka Allah akan melindunginya sampai salat subuh berikutnya.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang membacanya (Surat Al-Ma’un) setelah Isya akhir, maka Allah akan mengampuni dosanya dan melindunginya sampai salat subuh.”

Keutamaan ketiga, orang yang istiqamah membacanya akan dilindungi mulai dari waktu salat subuh sampai waktu salah berikutnya.

Ash-Shidiq berkata, “Barang siapa yang membacanya setelah salat Asar, maka ia akan berada di dalam penjagaan Allah dan Allah melindunginya sampai waktu (Asar) di hari kedua.(Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 394)

Demikian bacaan atau tulisan arab Surat Al-Ma'un lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam