Surat Asy-Syarh: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Asy-Syarh: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Asy-Syarh (Arab:الانشراح)  adalah surat ke-94 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 8 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Surat Asy-Syarh diturunkan setelah Surat Ad-Duha. Ia dinamakan Surat Asy-Syarh karena merujuk pada lafaz alam nasyrah yang terdapat pada ayat pertama. Nama lain Surat Asy-Syarh adalah Surat Al-Insyirath.

Bacaan Surat Asy-Syarh Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Asy-Syarh Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَۙ ١

وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ ٢

الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَۙ ٣

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ ٤

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ ٥

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ ٦

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ ٧

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ ࣖ ٨

Pokok Kandungan Surat Asy-Syarh

Di antara pokok kandungan Surat Asy-Syarh adalah sebagai berikut:

Adapun pokok kandungan dari Surat Asy-Syarh adalah penegasan tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. dan pernyataan Allah bahwa di balik kesulitan ada kemudahan, sehingga diperintahkan kepada Nabi Muhammad Saw. agar senantiasa melakukan amal kebaikan dan bertawakal kepada-Nya.

Keutamaan dan Khasiat Surat Asy-Syarh

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Asy-Syarh adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Asy-Syarh termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Keutamaan kedua, orang yang membaca Surat Asy-Syarh secara istiqamah, maka kelak yang ada pada dirinya akan bersaksi untuknya di hari kiamat, dan ia akan masuk surga dari pintu mana pun yang diinginkannya.

Keutamaan ketiga, orang yang membaca Surat Asy-Syarh secara istiqamah akan menguatkan keyakinan dan kesehatan.

Ketiga, Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membacanya (Surat Asy-Syarh), maka Allah akan memberinya keyakinan dan kesehatan. Dan barangsiapa yang membaca atas sakit dada, dan menulisnya, maka Allah akan menyembuhkannya." (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 314)

Keutamaan keempat, Surat Asy-Syarh dapat dijadikan wasilah doa untuk menyembuh susah buang air kecil.

Keempat, dapat dijadikan doa atau wasilah menjadi obat atas penyakit sulit buang air kecil. Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang menulisnya (Surat Asy-Syarh) di dalam wadah, dan meminum airnya, sedangkan ia sulit buang air kecil, maka Allah akan menyembuhkannya dan memudahkan keluarnya." (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 314)

Demikian bacaan Surat Asy-Syarh lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam