Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat An-Nas: Bacaan Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Surat An-Nas: Bacaan Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat An-Nas (Arab: سورة الناس) adalah surat ke-114 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 6 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surat An-Nas (manusia) karena merujuk pada lafaz an-nas yang terdapat pada setiap akhir ayat dari surat ini.

Secara garis besar, Surat An-Nas menjelaskan tentang anjuran supaya umat manusia memohon perlindungan kepada Allah terhadap pengaruh hasutan jahat setan yang menyelinap di dalam diri mereka.

Bacaan Surat Al-Insyiqaq Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat An-Nas Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ ١

مَلِكِ النَّاسِۙ ٢

اِلٰهِ النَّاسِۙ ٣

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ ٤

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ ٥

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ ٦

Pokok Kandungan Surat An-Nas

Di antara pokok kandungan Surat An-Nas adalah sebagai berikut:

Pokok inti dari isi kandungan Surat An-Nas adalah perintah Allah SWT agar manusia berlindung kepada-Nya dari segala macam kejahatan.

Keutamaan dan Khasiat Surat An-Nas

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Al-Insyiqaq adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat An-Nas termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, Surat An-Nas termasuk Surat Mu’awwidzatain (terdiri dari An-Nas dan Al-Falaq) yang menjadi wasilah pembebas Rasulullah SAW dari serangan sihir.

Keutamaan ketiga, Surat An-Nas termasuk salah satu surat yang belum pernah ada yang menyerupainya.

Uqbah bin Amir meriwayatkan bahwa Nabi Saw. bersabda, “Tidaklah engkau melihat beberapa ayat yang telah diturunkan kepadaku malam ini yang selama ini tidak ada yang menyerupainya?” Lalu Baginda membaca Surat Mu'awwidzatain sampai selesai. (HR. Muslim, VI: 96)

Keutamaan keempat, Surat An-Nas termasuk salah satu surat yang dapat dijadikan obat bagi pembacanya.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Mu'awwidzatain) atas orang yang sakit, maka dengan izin Allah hingga subuh, surat ini menjadi obat bagi orang yang membacanya.”

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya sebelum tidur, maka ia dalam penjagaan Allah hingga subuh. Surat ini menjadi pelindung dari segala penyakit, rasa sakit dan bahaya, ia menjadi obat bagi orang yang membacanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 444)

Keutamaan kelima, Surat An-Nas dapat dijadikan wasilah doa agar dijauhkan dari jin beserta gangguannya.

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya setiap malam di dalam rumahnya, maka ia aman dari jin dan gangguannya. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada anak-anak kecil, maka mereka terlindungi dari jin, dengan izin Allah. (Tafsirul Burhan, Juz 8, halaman 444)

Keutamaan keenam, Surat An-Nas menjadi salah satu surat yang senantiasa dibaca Rasulullah SAW ketika menunaikan salat Witir.

Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi Saw. dalam dua rakaat sebelum witir, membaca sabbihisma rabbikal-a’la dan Al-Kafirun. Adapun dalam witir beliau membaca Al-Ikhlas dan Surat Mu'awwidzatain.

Abu Ja’far berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Mu'awwidzatain (An-Nas dan Al-Falaq) dan Al-Ikhlas, maka dikatakan kepadanya, ‘Wahai hamba Allah, berbahagialah, karena Allah telah menerima salat Witirmu.’” (At-Tahdzib, Juz 2, halaman 127)

Demikian bacaan Surat An-Nas lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam