Surat Quraisy: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya

Daftar Isi

Surat Quraisy: Arab Saja, Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Khasiatnya
Abusyuja.com – Surat Quraisy (Arab: قُرَيْشٍ) adalah surat ke-106 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 4 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Ia dinamakan Surat Quraisy karena merujuk pada lafaz Quraisy yang terdapat pada ayat pertama. Quraisy sendiri adalah nama suku terkuat dan paling berpengaruh di Makkah.

Bacaan Surat Quraisy Arab Saja

Berikut adalah bacaan Surat Quraisy Arab saja yang telah distandarkan pada Al-Qur’an Kemenag:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ ١

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ ٢

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ ٣

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ ٤

Pokok Kandungan Surat Quraisy

Adapun inti atau pokok kandungan dari Surat Quraisy adalah menceritakan kisah kaum Quraisy beserta kewajiban yang harus mereka penuhi, yaitu beribadah kepada Allah SWT tanpa menyekutukan-Nya dengan hal apapun. Surat ini juga menjelaskan tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada mereka, mulai dari kebiasaan perjalanan dagang, hingga kecukupan pangan dan stabilitas keamanan.

Keutamaan dan Khasiat Surat Quraisy

Di antara keutamaan dan khasiat Surat Quraisy adalah sebagai berikut:

Keutamaan pertama, Surat Quraisy termasuk Al-Mufashal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Keutamaan kedua, Surat Quraisy dapat menghilangkan penyakit waswas, rasa takut, dan sejenisnya.

Sayyid Muhammad bin Ali Khirrid al-Alawi al-Husaini at-Tarimi pernah berkata, “Barang siapa membaca surat Quraisy, maka akan hilang kesusahannya, kesedihannya, was-wasnya, dan kejahatan orang yang berbuat jahat sekaligus tipu daya mereka akan tercegah darinya.” (Al-Wasailus Syafi’ah fil Azkarin Nafi’ah wal Auradil Jami’ah wats Tsimarul Yani’ah)

Keutamaan ketiga, Surat Quraisy dapat menjaga kesehatan jasmani dan rohani, serta dapat menjaga dari berbagai bahaya yang terdapat dalam makanan.

Sayyid Ali Khirrid juga pernah berkata, “Barang siapa membacanya pada makanan, maka Allah hilangkan bahaya di dalamnya, (Allah juga) menyelamatkan dari rasa takut dan (menyelamatkan) dari fakir.” (Al-Wasailus Syafi’ah fil Azkarin Nafi’ah wal Auradil Jami’ah wats Tsimarul Yani’ah)

Demikian bacaan atau tulisan Surat Quraisy arab saja lengkap dengan penjelasan pokok kandungan, keutamaan, dan khasiatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam