Download Kitab Auliya’ Syarqil Ba’id PDF (Sejarah Walisongo)

Daftar Isi

Download Kitab Auliya’ Syarqil Ba’id PDF (Sejarah Walisongo)
Abusyuja.com – Kitab Auliya’ Syarqil Ba’id adalah kitab sejarah Islam yang disusun oleh Dr. Basyara l-Ja’fari. Kitab Auliya’ Syarqil Ba’ide ini secara gamblang menjelaskan tentang fakta-fakta sejarah penyebaran Islam di Asia Timur, khususnya di kepulauan Melayu yang dipelopori oleh para saudagar dan ulama yang saat ini di Indonesia dikenal dengan sebutan Walisongo.

Walisongo merupakan tokoh-tokoh Islam yang dihormati di Indonesia. Mereka adalah orang-orang yang memiliki peran besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Sesuai namanya, Walisongo berjumlah sembilan wali, di antaranya yaitu Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim), Sunan Ampel (Raden Rahmat), Sunan Bonang (Raden Makhdum Ibrahim), Sunan Drajat, (Raden Qasim Syarifuddin, Sunan Kudus (Raden Ja’far Shadiq), Sunan Giri (Raden Paku), Sunan Kalijaga (Raden Syahid), Sunan Muria (Raden Umar Said), Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah).

Dalam kitab Auliya’ Syarqil Ba’ide ini dengan tawadu’ penulis mencoba mendekati ciri-ciri hikayat yang terlupakan dan tidak diketahui, yang ditulis di atas perairan dan daratan Melayu dari pengetahuan pembaca non-spesialis Arab, yang mungkin keberadaannya pintar dalam sejarah hubungan Islam dan Eropa pada masa Dinasti Umayah, Abbasiyah, dan Fatimiyah, tetapi tidak begitu mengerti perihal keseimbangan kekuasaan yang berlaku di wilayah Islam Melayu, atau tentang bagaimana kisah keberhasilan Islam dapat menyebar luas di seantero Melayu.

Secara umum, orang-orang memahami bahwa penaklukkan Islam sebagian besar adalah tanah militer, tetapi ada fakta sejarah lain yang masih kurang diketahui, yaitu Islam yang diajarkan melalui jalan perdamaian, Islam yang dibawakan dengan cara lemah lembut, lunak, serta ramah dalam mempengaruhi pemikiran.

Khususnya di Asia Tenggara dan kepulauan Melayu, Islam diajarkan dengan jalan perdamaian yang dilakukan oleh para saudagar, dai, cendekiawan, ahli geografi, dan orang-orang yang melarikan diri dari sebagian wilayah Islam yang keadaannya terpuruk, banyak penindasan politik, sempit dalam beragama, dan didominasi oleh orang-orang yang haus akan kursi jabatan.

Kitab Auliya’ Syarqil Ba’ide ditulis untuk membuka cakrawala sejarah perkembangan Islam yang saat ini telah menjadi kiblat kehidupan beragama dan bernegara. Kitab Auliya’ Syarqil Ba’ide ini memuat hampir 480 halaman yang terdiri dari 10 bab utama.

Download Kitab Dr. Basyara l-Ja’fari PDF

Sesuai judul di atas, berikut kami bagikan link download Dr. Basyara l-Ja’fari dalam format PDF:


Download Kitab Dr. Basyara l-Ja’fari PDF


Demikian resensi singkat kitab Dr. Basyara l-Ja’fari lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu Al’am