Siapa Wanita yang Tidak Akan Mencium Bau Surga?

Daftar Isi

Siapa Wanita yang Tidak Akan Mencium Bau Surga?
Abusyuja.com – Ibnu Qayyim Al-Jauzi pernah berkata, “Sebelum memelihara kemaluan, seorang gadis harus menyadari bahwa fondasi atau tujuan dasar dari memelihara kemaluan adalah menjaga pandangan.”

Jika pandangan tunduk, kemaluan akan mengikutinya. Kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa ada dua mata yang berzina. Adapun zina mata adalah lewat pandangan. Dari mata bertemu mata, lalu turun ke hati.

Anak muda zaman sekarang biasa menyebutnya, “Cinta pada padangan pertama”. Itulah salah satu cara setan agar seseorang terjerumus ke lembah dosa yang salah satu pintunya adalah melalui lawan jenis.

Wanita Seperti Apa yang Tidak Akan Mencium Bau Surga?

Pada dasarnya wanita harus memerhatikan 2 hal ini, yakni pakaian yang dipakainya dan dandanan yang dipoleskan ke wajahnya.

Pakaian untuk wanita harus memerhatikan beberapa sisi, seperti: Menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, tidak terdapat banyak gambar, tidak berwarna terlalu mencolok, tidak tipis dan tembus pandang, dan tidak menonjolkan lekukan tubuh.

Lantas, apa ancaman mereka yang tetap berpakaian demikian?

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW berkata,

Dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat,  yaitu: (satu) kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia, dan (dua) para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk untuk yang miring. Wanita seperti ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya,....” (HR. Muslim)

Wanita juga dilarang memakai pakaian yang “terlalu” mewah, yakni pakaian yang tidak biasa digunakan oleh penduduk suatu negeri. Atau bisa diartikan sebagai pakaian yang akan sangat tersorot jika digunakan di daerah tersebut.

Allah Swt. berfirman,

Dan hendaklah kamu tetap berdiam di rumahmu. Janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang jahiliah dulu.” (QS. Al-Ahzab: 33)

Apa perlakuan jahiliah yang masih relevan di zaman sekarang? Yaitu wanita yang gemar menampakkan dirinya di hadapan laki-laki, saat memakai kerudung, mereka masih menampakkan leher atau telinganya yang memakai kalung atau anting. Hal itu adalah bagian dari tabarruj (memamerkan kecantikan).

Berikut adalah golongan-golongan wanita yang juga tidak akan mencium bau surga dan sangat dinanti-nantikan kedatangannya di neraka:

  • Wanita yang tidak mensyukuri pemberian suami
  • Wanita yang gemar mengumpat
  • Istri yang menggungat cerati tanpa alasan
  • Wanita yang berpakaian tipis dan ketat
  • Wanita yang memakai wewangian dan berlanggak-lenggok
  • Wanita yang mengaku marga selain dari ayahnya
  • Wanita yang kepalanya seperti punuk unta
  • Wanita yang menyemir rambut
  • Istri yang tidak taat pada suaminya
  • Wanita yang menyerupai laki-laki

Untuk Kalian Para Wanita, Jauhilah Dosa dari Pandangan

Jangan salahkan lelaki karena wanita juga turut andil. Sejatinya laki-laki adalah manusia yang gemar sekali memandang wanita, begitu pun juga dengan wanita, senang sekali jika dipandang oleh laki-laki.

Allah Swt. berfirman,

Katakanlah, hai para wanita, hendaklah mereka menahan pandangan dan memelihara kemaluan.” (QS. An-Nur: 31)

Tidak hanya laki-laki, para wanita pun juga diperintahkan untuk menjaga pandangan. Inilah jerat-jerat setan yang sangat diperhatikan oleh para ulama salaf, agar tidak terpapar racun saat memandang wanita.

Setan mampu memperdaya wanita agar wanita bersolek pada fisiknya, kemudian menghias pakaiannya begitu terbuka dan mencolok. Lalu setan mulai menodai benak laki-laki dengan berpikir jorok tentang apa yang ada di balik pakaian wanita tersebut.

Al-A’la bin Ziyad berkata, “Janganlah engkau mengikutkan pandangan pada pakaian seorang wanita. sesungguhnya pandangan itu menimbulkan syahwat di dalam hatimu.

Itulah golongan wanita yang kelak tidak akan mencium bau surga. Semoga tulisan ini dapati memberikan kita pelajaran berharga. Wallahu A’lam