Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadan

10 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadan
Abusyuja.com – Peristiwa terpenting yang terjadi di bulan Ramadan adalah turunnya Al-Qur’an Al-Karim pada tanggal 25. Kemudian terjadi pula beberapa peristiwa besar yang sangat menentukan dalam sejarah di bulan Ramadan.

Hal ini menunjukkan bahwa Islam mendudukkan segala persoalan secara proporsional, sekaligus menjadi bukti bahwa semboyan, pedoman, atau prinsip puasa adalah kekuatan, jihad, dan kerja, bukan kelemahan dan lemas karena kelaparan.

Seorang muslim wajib berinteraksi dengan realitas kehidupan dan beradaptasi dengan kondisi. Kewajiban religius ini tidak boleh dipalingkan dari kewajiban penghidupan dan kehidupan. Pun sebaliknya, hawa nafsu duniawi serta godaan makanan dan minuman tidak boleh mengekang tekat dan kemauannya.

Tidak pantas bagi kita sebagai muslim menganggap bahwa puasa itu membuat pekerjaan terbengkalai dan masyarakat terbelakang. Hal itu sangatlah bertentangan dengan peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah di bulan Ramadan, yang identik dengan semangat, berani, dan rela berkorban.

Sesuai judul di atas, berikut adalah peristiwa-peristiwa bersejarah di bulan Ramadan:

1. Perang Badar Kubra

Perang badar kubra adalah perang “pembeda” di mana Allah benar-benar membedakan mana kebenaran dan mana kebatilan. Perang berdarah tersebut dimenangkan oleh umat Islam, yang merupakan simbol dari api tauhid dan akhlak yang benar. Sedangkan kaum musyrik yang dikalahkan adalah simbol dari paganisme. Perang badar kubra terjadi pada hari Jumat tanggal 17 Ramadan tahun ke-2. Menurut Ibnu Abas, dalam perang inilah Abu Jahal terbunuh.

2. Penaklukkan Mekkah

Penaklukan Mekkah termasuk salah satu kemenangan terbesar Umat Muslim. Sebab, di situlah cikal bakal pusat dari kesatuan kiblat umat muslim di seluruh dunia. Peristiwa ini terjadi di hari Jumat tanggal 20 atau 21 Ramadan tahun 8 Hijriah. Dalam peristiwa inilah kaum paganisme (kaum tanpa agama) dimusnahkan dan berhala-berhala di sekeliling Ka’bah di hancurkan. Dalam bulan Ramadan tahun ke-5, umat muslim mempersiapkan diri untuk perang Khandaq (pengepungan Madinah) yang dilakukan pada bulan Syawal di tahun yang sama.

3. Perang Tabuk

Pada bulan Ramadan tahun 9 Hijriah, terjadilah perang Tabuk (memperluas kekuasaan ke wilayah Tabuk). Di bulan Ramadan pula terjadi perang Qadisiyah, perang Buwaib, dan penaklukkan pulau Rhodes.

4. Perkembangan Islam di Yaman

Di bulan Ramadan tahun 10 Hijriah, Islam tersebar ke Yaman. Nabi SAW mengutus Ali bin Abi Thalib bersama sebuah pasukan kecil ke Yaman dengan membawa sepucuk surat untuk penduduk Yaman.

5. Penghancuran Berhala Uzza di Nakhlah

Pada tanggal 25 Ramadan tahun 8 Hijriah, Khalid bin Walid, seorang panglima besar Islam, menghancurkan bangunan tempat menyembah berhala Uzza di Nakhlah, kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Uzza tidak akan disembah lagi selamanya!” Beliau juga mengirim beberapa pasukan kecil untuk menghancurkan semua berhala.

6. Suku Tsaqif Masuk Islam

Pada bulan Ramadan tahun 9 Hijriah, delegasi suku Tsaqif dari Tha’if menghadap Rasulullah SAW untuk menyatakan masuk Islam. Pada tahun yang sama, terjadi penghancuran berhala-berhala yang disembah oleh suku Tsaqif.

7. Perang Sagrajas

Pada hari Jumat tanggal 25 Ramadan tahun 479 Hijriah, terjadilah perang Sagrajas (nama sebuah daerah di daratan Portugal). Dalam perang tersebut, umat Islam yang dikomandani oleh Yusuf bin Tasyfin berhasil mengalahkan pasukan Eropa yang berjumlah 80.000 orang yang kala itu dipimpin oleh raja Castilla, Alfonso ke-IV,

8. Perang ‘Ain Jalut

Pada hari Jumat tanggal 15 Ramadan tahun 658 Hijriah (30 September 1260 M), pasukan yang dipimpin oleh Sultan Quthuz, sultan negara Mamalik di Masir. Beliau berhasil mengalahkan pasukan Mongol hingga mereka lari tunggang-langgang.

Setelah perang ini, wilayah Mesir dan Syam disatukan. Berakhirlah penindasan dan kekejaman bangsa Mongol kepada umat Islam. Pahlawan Islam Salahuddin Al-Ayubi juga melakukan beberapa pertempuran yang menentukan melawan kaum Salib di bulan Ramadan.

9. Penaklukkan Andalusia

Di bulan Ramadan pula terjadi perang Tharif, yang menjadi cikal bakal penaklukkan Andalusia. Kemudian Andalusia takluk pada 28 Ramadan tahun 92 Hijriah (19 Juli 711 M). Pada waktu itu pimpinan umat muslim yang bernama Thariq bin Ziyad telah berhasil menumbangkan Roderick, seorang panglima bangsa Goth (Jerman), pada pertempuran penentu yang dikenal dengan perang Buhairah.

10. Perang Terakhir dengan Kaum Salib

Pada bulan Ramadan pula telah terjadi perang terakhir melawan tentara salib. Pada 10 Ramadan 1393 H / 1973 M, terjadilah perang Ubur, yakni penyeberangan angkatan bersenjata Mesir melalui terusan Suez dari tepi Barat ke Timur, yang sebelumnya telah dikuasai Yahudi selama kurang lebih 7 tahun. Dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa penting yang tidak dapat kami sebutkan semua.

Demikian pembahasan mengenai 10 peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ramadan. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam