Dahsyat! Inilah Manfaat Memotong Kuku di Hari Jumat

Daftar Isi

Dahsyat! Inilah Manfaat Memotong Kuku di Hari Jumat
Abusyuja.com – Memotong kuku ternyata memiliki nilai ibadah. Setiap hari Jumat, umat Nabi Muhammad SAW mendapatkan kesunahan memotong kuku. Di dalam kitab Al-Hawi al-Kabir dijelaskan, “Nabi memotong kuku-kukunya dan mencukur kumisnya pada hari Jumat.(Al-Hawi al-Kabir, Juz 2: 1029).

Jika diteliti, nilai hikmah kesehatan memotong kuku sangatlah banyak. Dengan memotong kuku, hal pertama yang akan kita dapatkan adalah kuku akan lebih terjaga kebersihannya. Meskipun tidak secantik penampilan kuku yang panjang, tetapi kuku pendek dan teratur akan lebih bersih.

Kuku bersih tidak bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri serta jamur yang menyebabkan tinea. Tinea sendiri adalah infeksi kulit atau kuku akibat jamur. Ciri-cirinya berupa ruam kemerah-merahan pada kulit maupun kuku.

Manfaat kedua adalah terhindar dari onychocryptosis. Onychocryptosis atau unguius incarnatus adalah kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam. Masalah kesehatan ini terutama bisa menimbulkan pembengkakan, rasa sakit yang luar biasa, hingga kemudian pembengkakan, rasa sakit yang luas biasa, hingga kemudian infeksi. Onychocryptosis ini sering terjadi karena kita memotong kuku terlalu pendek.

Memotong kuku jari-jari kaki, sebaiknya dilakukan secara berkala. Alasannya, karena kaki seringkali tertutup dengan alas kaki, seperti sepatu. Akibatnya kuku menjadi lebih lembap dan tidak bisa bernafas. Kondisi ini bisa menyebabkan adanya pertumbuhan bakteri pada kuku. Terlebih, jika kuku cenderung panjang. Untuk menghindari masalah seperti infeksi misalnya, tentu ada baiknya kuku dipotong hingga cukup pendek dan rapi.

Ketika memotong kuku, Islam telah memberikan etika tersendiri. Tidak acak dan sembarangan. Lebih-lebih memotong sebagian kuku tanpa merampungkannya, akan dihukumi makruh. Dalam Islam, memotong kuku dimulai dari jari telunjuk tangan kanan, berlanjut hingga jari kelingking. Menyusul kemudian kuku ibu jari. Sedangkan tangan kiri, dimulai dari jari kelingking dan berakhir di ibu jari.

Tidak hanya itu, mencuci tangan setelah memotong kuku juga disunnahkan. Karena jika kuku yang habis dipotong belum terkena air, lalu digunakan untuk menggaruk anggota badan, menurut keterangan fikih klasik, dikhawatirkan membahayakan kesehatan kulit. Satu versi menyebutkan, rawan menjadi penyebab munculkan penyakit kulit belang (baras).

Berikut adalah manfaat memotong kuku bagi kesehatan:

  1. Mencegah infeksi bakteri
  2. Mencegah infeksi jamur
  3. Mencegah keracunan
  4. Mengurangi cidera
  5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  6. Mencegah pertumbuhan kuku ke dalam 
  7. Mencegah penebalan kulit di sekitar jari.
  8. Menandakan kebersihan diri yang baik.

Demikian manfaat dan hikmah kuku di hari Jumat. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Sumber Referensi:

Al-Hawi Al-Kabir, juz 2, halaman 1029.

Al-Majmu’ Syarah Muhazab, juz 1, halaman 287.

Mohlan H, Major Diagnosis Fisik, halaman 94.

Christian Saxfot, Convergence user espectation..., halaman 28.

Hasyiyah Al-Bayjuri, juz 1, halaman 425.