Download Kitab Bahjatul Wasail PDF (Terjemah dan Makna Pesantren)

Daftar Isi

Download Kitab Bahjatul Wasail PDF (Terjemah dan Makna Pesantren)
Abusyuja.com – Kitab Bahjatul Wasail merupakan salah satu kitab fenomenal karya ulama Nusantara, yaitu Syekh Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi al-Bantani al-Jawi al-Syafi’i al-Qadiri (1230-1314 H / 1815-1897 M) .Kitab Bahjatul Wasail merupakan uraian (syarah) dari kitab Masail / al-Risalah al-Jami’ah Bayna Ushuluddin wa al-Fiqh al-Tashawwuf karya Sayid Ahmad bin Zain bin Alawi bin Ahmad al-Habsyi (1069-1145 H)

Sebagaimana judulnya, kitab Bahjatul Wasail ini berisikan penjelasan mengenai tiga bidang ilmu utama dalam Islam, yaitu Usuludin, Fikih, dan Tasawuf. Pembahasan dalam kitab ini menyangkut perihal dasar-dasar keimanan, rukun Islam, ibadah yang meliputi salat, puasa, zakat, haji, dan beberapa kajian Akhlak Tasawuf yang meliputi memelihara hati dan anggota tubuh yang disertai dengan nas Al-Qur’an dan Al-Hadis.

Orang yang mempelajari kitab ini dengan sungguh-sungguh, Insya Allah dapat meningkatkan kesempurnaan Iman, Islam, dan Ihsan, sehingga mencapai tingkat muttaqin.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, tiga bidang ilmu di atas merupakan satu kesatuan yang harus dijiwai setiap muslim dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga apa yang kita ucapkan dan perbuat dalam kehidupan ini benar-benar bernafaskan dengan ruh Islam.


Sebab, ada keterangan yang menyatakan:

Barang siapa yang mengamalkan fikih tanpa tasawuf, maka dia termasuk golongan zindiq (orang yang tidak berpegang teguh pada agama, dan barang siapa yang mengamalkan tasawuf tanpa disertai fikih, maka benarlah dia.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Bahjatul Wasail

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kitab Bahjatul Wasail ini dikarang oleh Imam Nawawi al-Bantani. Beliau adalah ulama besar asal Indonesia yang bertaraf internasional, seorang imam Masjidilharam di Saudi Arabia.

Al-Bantani sendiri diambil dari kota Banten, Indonesia. Ulama yang lahir di Kecamatan Tanara Kabupaten Serang, Banten ini adalah seorang ulama produktif yang telah menulis lebih kurang 115 kitab dalam bidang fikih, tasawuf, hadis, tafsir, dan tauhid.

Di sisi nasab, beliau adalah generasi ke-12 dari Sultan Maulana Hasanuddin, raja pertama Banten, putra dari Sunan Gunung Jati, Cirebon. Nasabnya tersebut tersambung melalui jalur kesultanan Banten hingga bertemu kepada Nabi Muhammad SAW.

Beliau tiga tahun bermukim di Mekkah, beliau pulang ke Banten pada tahun 1828 M. Berdakwah di wilayah Banten dengan mengobarkan perlawanan terhadap penjajah Belanda. Akhirnya, beliau dibatasi pergerakannya oleh pemerintah Belanda. Singkat cerita, beliau kembali ke Mekkah untuk memperdalam ilmu agamanya. Beliau menetap di Syi’ib ‘Ali, Mekkah. Beliau mengajar di halaman rumahnya. Awalnya muridnya puluhan, lalu berkembang menjadi ribuan. Mereka datang dari penjuru dunia. Beliau diangkat menjadi Imam Masjidilharam menggantikan Syekh Achmad Khotib Al-Syambasi. Namanya pun masyhur di penjuru Mekkah-Madinah. Bahkan masyhur pula di negeri Suriah, Mesir, Turki, hingga ke Hindustan.

Download Kitab Bahjatul Wasail PDF

Sesuai judul di atas, berikut adalah link download kitab Bahjatul Wasail PDF:

Download Kitab Bahjatul Wasail PDF Terjemah Indonesia


Download Kitab Bahjatul Wasail PDF Makna Pesantren (Gandul)

Demikian resensi singkat mengenai kitab Bahjatul Wasail lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam