Download Kitab Maulid Barzanji Arab dan Terjemah PDF

Daftar Isi

Download Kitab Maulid Barzanji Arab dan Terjemah PDF
Abusyuja.com – Kitab Maulid Barzanji merupakan kitab yang berisikan kisah-kisah perjalanan Rasulullah Saw., pujian-pujian terhadap Rasulullah Saw, dan doa-doa yang memiliki banyak sekali keutamaan.

Kitab Maulid Barzanji ini merupakan salah satu kitab maulid populer di kalangan umat Islam, dan menjadi salah satu kitab yang paling sering dibaca selain kitab Maulid Burdah atau Simtuduror.

Saking seringnya dibaca, kitab ini tidak hanya dibaca ketika perayaan Maulid Nabi saja, namun kitab ini juga dibaca setiap malam Jumat atau malam Senin oleh masyarakat nahdiyin.

Kitab yang dikarang oleh Sayyid Zainal Abidin ini memiliki keutamaan yang sangat luas. Syekh Imam Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya Madarijus Shu’ud dijelaskan bahwa salah satu keutamaan kitab Maulid Barzanji adalah sebagai media yang mampu menjadi sebab datangnya berbagai kebaikan dan orang yang membacanya akan mendapatkan rida dari Allah Swt.

Masih dalam kitab yang sama, Imam Nawawi mengatakan bahwa orang yang membaca kitab Maulid Barzanji akan mendapatkan keutamaan yang sangat banyak, di antaranya yaitu akan dimudahkan segala urusannya, sebagaimana sihir, namun Maulid Barzanji seolah sihir yang halal.


Orang yang membaca Maulid Barzanji akan terhindar dari penyakit, dan orang yang membacanya secara istiqamah dan penuh dengan keikhlasan akan mendapatkan kehormatan berupa keridhaan dari Allah Swt.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Maulid Barzanji

kitab Maulid Barzanji dikarang oleh Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim bin Muhammad Al-Barzanji. Kitab Maulid Barzanji ini sebenarnya memiliki nama ‘Iqd al-Jawahir (kalung permata). Sedangkan nama Barzanji sendiri sebutan sebuah tempat di Kurdistan, Barzanj.

Kitab Maulid Barzanji ini sangatlah populer di pelosok negeri Arab, baik di bagian Timur maupun Barat. Bahkan banyak dari kalangan non-Arab yang menghafal dan menelitinya.

Beliau adalah ulama besar keturunan Nabi Muhammad Saw dari jalur Sa’adah Al-Barzanji. Para tetuanya adalah ulama-ulama terkemuka yang masyhur akan ilmu dan akhlaknya.

Beliau belajar Al-Quran dari Syekh Ismail Al-Yamani, dan belajar tajwid serta memperbaiki bacaan Al-Qur’an dengan Syekh Yusuf As-So’idi dan Syekh Syamsuddin Al-Misri.

Beliau termasuk ulama jenius yang menguasai berbagai bidang ilmu, seperti Shoraf, Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Usulul Fiqh, Faraidh, Hisab, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi seorang Qadhi (hakim) dari mazhab Maliki di Madinah, beliau juga seorang mufti yang menjadi khatib di Masjid Nabawi.

Download Kitab Maulid Barzanji Arab dan Terjemah PDF

Sesuai judul di atas, abusyuja.com akan membagikan kitab Maulid Al-Barzanji Arab dan Terjemah dalam format PDF. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Maulid Barzanji Arab PDF


Download Kitab Maulid Barzanji Terjemah PDF

Download Kitab Maulid Barzanji Bahasa Inggris PDF

Anda juga bisa membacanya secara online tanpa harus mengunduhnya di sini: BACAAN MAULID MARZANJI

Demikian Resensi singkat mengenai kitab Maulid Barzanji lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam