Download Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ PDF

Daftar Isi

Download Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ PDF
Abusyuja.com – Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ merupakan tulisan ta’liq (catatan kaki) dari kitab Al-Lumma’ karangan Syekh Abi Ishaq al-Syairazy.

Al-Lumma’ merupakan kitab Ushul Fiqh yang memiliki 229 bab yang diawali dengan Bab fi bayan al-ilm wa al-dzan dan diakhiri dengan Bab al-qawl fi ijtihad Rasulullah Saw. Meski memiliki ratusan bab, setiap babnya ditulis dengan padat dan ringkas.

Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ dikarang oleh KH. Sahal Mahfudz. Saat menuntut ilmu di Pondok Sarang, beliau diminta teman-temannya untuk mengajar kitab al-Lumma’ karya Syekh Abi Ishaq al-Syairazy.

Karena antusias belajar yang tinggi, beliau akhirnya menulis catatan kaki (ta’liqan) atas kitab Al-Lumma’ yang diberi nama Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’. Catatan ini mengacu pada ta’liqan Al-Lumma’ karya Syekh Yasin bin Isa al-Fadany yang berjudul Bghyatul Musytaq dan juga kitab-kitab Hasyiyah lainnya.

Beliau selesai mengarang kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ bersamaan dengan khatamnya pengajian kitab tersebut pada Jumadil Ulam tahun 1381 H.

Setelah selesai belajar di Pondok Sarang, Kiai Sahal mengajarkan kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ yang telah direvisi pada para santrinya di Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati dan selesai pada Rabiulawal 1418 H atau Agustus 1996 M.

Mengenal Pengarang Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’

Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ dikarang oleh KH. Sahal Mahfudh/Mahfudz. Beliau lahir pada17 Desember 1937 di desa Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.

Beliau adalah anak ketiga dari enam bersaudara. Ayahnya bernama KH. Mahfud Salam, sepupu dari KH. M. Bisri Syansuri (salah satu tokoh pendiri NU).

Setelah kenyang dengan didikan orang tua, beliau mulai nyantri di Pesantren Bendo, Kediri. Di sana beliau belajar dengan Kiai Muhajir. Beliau kemudian hijrah ke Pesantren Sarang, ngaji di bawah asuhan Kiai Zubair (ayah dari mbah Maimoen Zubair).

Setelah mentas dari Sarang, beliau melanjutkan studinya di Saudi Arabia. Di sana beliau bertemu dengan Syekh Yasin bin Isa al-Fadani, ulama karismatik yang menjadi guru besar bagi banyak kiai di Indonesia.

Tidak seperti ulama pada umumnya yang menyampaikan dakwah melalui ceramah dan pengajian. Kiai Sahal adalah sosok yang memilih media tulisan sebagai jalan dakwah.

Download Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ PDF

Sesuai judul di atas, beriku adalah link download kitabnya:


Download Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ PDF


Demikian kajian singkat mengenai Kitab Al-Bayan Al-Mulamma’ ‘An Alfadz Al-Lumma’ lengkap dengan biografi pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam