Download Kitab Bidayatul Hidayah Arab dan Terjemah PDF

Daftar Isi

Download Kitab Bidayatul Hidayah Arab dan Terjemah PDF
Abusyuja.com – Kitab Bidayatul Hidayah merupakan salah satu kitab populer yang dikarang oleh Imam Ghazali. Seperti namanya, kitab ini berisikan panduan hidup dari permulaan (Bidayah) dan akan berakhir pada Hidayah (petunjuk).

Di dalam kitab Bidayatul Hidayah ini, Imam Ghazali menguraikan berbagai amalan harian yang mesti umat muslim lakukan setiap hari. Di dalamnya juga terdapat beberapa bab yang membahas tentang adab-adab ibadah, adab bergaul, dan masih banyak lagi.

Secara gari besar, kitab ini memiliki tiga bagian. Pertama, adab taat kepada Allah. Kedua, taat meninggalkan maksiat. Ketiga, bab muamalat atau adab bergaul secara vertikal dan horizontal, yakni pergaulan manusia dengan tuhannya dan pergaulan manusia dengan sesamanya.

Sebenarnya tidak hanya tiga bab di atas, di dalam kitab Bidayatul Hidayah ini juga membahas tentang adab masuk kamar mandi, adab wudu, adab junub dan tayamum, adab menuju masjid, adab membaca selawat, adab tidur, adab salat, adab puasa, adab pada hari Jumat, dan masih banyak lagi.

Di dalam kitab Bidayatul Hidayah ini juga membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan maksiat dan tata cara menghindarinya, seperti cara menjaga anggota badan dari perbuatan maksiat. Contoh, menjaga mata agar tidak memandang hal yang tidak sepatutnya untuk dilihat, menjaga telinga dari hal yang tidak sepatutnya didengar, menjaga lisan dari hal yang tidak sepatutnya diucap, menjaga perut agar tidak memakan sesuatu yang tidak sepatutnya dimakan, menjaga kemaluan dari hal-hal yang diharamkan dalam Islam, dan masih banyak lagi.

Selain membahas kedua hal di atas, kitab Bidayatul Hidayah ini juga membahas tentang cara berinteraksi manusia dengan Allah dan dengan sesamanya, seperti ada seorang guru, adab penuntut ilmu, adab anak ke orang tuanya, dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Bidayatul Hidayah

Imam Ghazali, nama lengkap beliau Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Ibnu Muhammad al Ghazali lahir dikota Thos, Khurasan, Persia, pada tahun 450 H. Beliau belajar fiqih pada Ulama Syafi’iyyah, yaitu Imamul Haraini Abdul Imamul Haraini Abul Nfa'ali Al-Juwaini (w 478 H).

Beliau (Imam Ghazali) adalah ulama alim kubra, seorang ahli sufi sekaligus ulama hukum yang memiliki gelar Zainuddin Hujatul Islam. Beliau ulama terkemuka yang memiliki pengaruh besar pada dunia Islam.

Beliau juga memiliki majelis pengajian yang orang-orang memberinya julukan sebagai “Majelis 300 Sorban besar”. Selain ahli fiqih, beliau juga merupakan ahli tasawuf yang tidak ada tandingannya kala itu. Dalam riwayatnya beliau pernah mengajar pada Sekolah Tinggi Syafi’iyyah di Bagdad tahun 484 H.

Dalam bidang fiqih Syafi’i, beliau telah mengeluarkan kitab Al-Wasith, Al-Basith dan Al-Wajiz yang sampai sekarang dipakai oleh sekolah-sekolah Syafi’iyyah. Sedangkan dalam bidang tasawuf beliau membuat kitab Ihya Ulumudin, kitab yang sangat masyhur dan telah dipakai seluruh ulama di penjuru dunia sebagai standar ilmu tasawuf. Imam Nawawi pernah berkata, “Jika semua kitab umat Islam musnah dan yang masih tersisa adalah kitab Ihya, niscaya ia dapat menutupi semua kitab yang musnah tersebut.”

Download Kitab Bidayatul Hidayah Arab dan Terjemah PDF

Sesuai judul di atas, berikut abusyuja.com bagikan kitab Bidayatul Hidayah versi arab dan terjemah dalam format PDF. Berikut link downloadnya:


Download Kitab Bidayatul Hidayah Bahasa Arab PDF

Download Kitab Bidayatul Hidayah Terjemah PDF


Download Kitab Ihya Ulumudin Imam Ghazali

Download Kitab Bidayatul Hidayah Terjemah Indonesia PDF

Download Kitab Syarah Bidayatul Hidayah PDF

Demikian resensi dari kitab Bidayatul Hidayah lengkap dengan biografi singkat pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam