PKPPS Al-Falah Bakalan Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Daftar Isi

PKPPS AL FALAH Bakalan Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik
Abusyuja.com – Sebagai sarana pengembangan skill dan kreativitas santri, Lembaga (PKPPS) Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah Al-Falah Bakalan, Kalinyamatan, Jepara, menggelar pelatihan Jurnalistik tingkat dasar bersama seluruh santriwan-santriwati guna menguatkan literasi dan minat menulis mereka.

Pelatihan yang diikuti lebih dari 300 santri putra-putri ini diadakan di Aula pondok putri pada hari Sabtu (24/062023). Kegiatan tersebut mendatangkan pemateri dari seorang penulis Fuad Fahmi Latif, serta Koordinator Media Ansor Jepara. Dalam paparannya, santri-santri dibekali pengetahuan dasar Jurnalistik dan pentingnya mengembangkan peran media sebagai instrumen publikasi dan sarana dakwah pesantren di tengah perkembangan teknologi digital.

Selama dua hari (Selasa dan Sabtu), mereka digembleng materi teknik penulisan Narasi, Opini, Artikel dan Sejarah beserta praktik penulisannya. Sehingga dalam waktu yang relatif singkat, para santri didorong mencari sumber literasi dan membuat beragam tulisan yang memuat tentang sejarah, diary pondok, kisah unik santri, dan tulisan Karamah Almaghfurlah Mbah Kiai Ahmad Cholil, seorang Kiai karismatik asal Jepara yang pernah menjadi Mursyid Tarekat, Rais Syuriah PCNU, Dewan Pembina YAPTINU, BAZNAS Jepara dan Dewan Mufti Indonesia. Beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Al-Falah, Bakalan.

Gus M. Zainal Abidin, mewakili pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah menuturkan bahwa kita kedatangan "cahaya bulan purnama", kesempatan yang sangat berharga sebagai bekal kemampuan santri untuk menulis dan mengasah keterampilan dalam bidang Jurnalistik, harapannya Gus Ebid (sebutan akrab) minimal santri-santri dapat menulis dan menghiasi artikel dan berita di kolom-kolom majalah dinding, sebagaimana pengalamannya saat mondok di Pesantren Sarang Rembang, pungkasnya.

Sementara Kepala PKPPS Wustho Ustadz Miftahussalam menyampaikan bahwa, "pelatihan Jurnalistik ini penting selain dalam rangka mengisi Class Meeting Semester Genap, santri-santri juga bermanfaat untuk menumbuhkan bakat menulis santri-santri, dan menyalurkan hobi seperti menulis puisi, artikel dan lain-lain", tegasnya.

PKPPS AL FALAH Bakalan Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Ustaz Tahwiful Ma'as Kepala Lembaga PKPPS Ulya selaku pelaksana kegiatan pelatihan Jurnalistik mengatakan, "Kegiatan ini adalah rangkaian Musabaqoh Tahunan Lembaga, dalam rangka mengembangkan kemampuan santri-santri dalam menulis dan bermedia sosial dengan baik ".

Beliau juga menambahi perihal memegang prinsip dawuh dari Mbah Kiai Cholil, "Urip-uripono pondok, Ojo golek penguripan songko pondok " (hidupkanlah pondok, jangan mencari kehidupan dipondok).

Atas dasar prinsip tersebut, beliau selalu ingin istikamah dalam mengembangkan lembaga yang dititipkan kiainya ini sebagai bentuk khidmah dari santri untuk kiainya.

PKPPS adalah program Pendidikan Kesetaraan yang dibentuk Kementerian Agama dalam rangka rekognisi pelaksana pendidikan jenjang Ula, wustha dan Ulya yang strata dengan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Sehingga lulusan santri PKPPS bisa untuk melanjutkan ke sekolah atau Perguruan Tinggi Negeri.

PKPPS AL FALAH Bakalan Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Pondok Pesantren Al-Falah Kalinyamatan didirikan oleh KH. Ahmad Cholil pada tahun 1976 M. Seorang Alim dari Desa Bakalan Kalinyamatan. Pondok Pesantren Al-Falah berada di bawah naungan Yayasan  Al-Falah Kalinyamatan, yang menguatkan visi-misi tafaqquh fiddin dan akhlaqul karimah, serta menerapkan nilai-nilai Salafiyah yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah.

PENERIMAAN SANTRI BARU


Download Brosurnya: DI SINI

Lokasi: