Khutbah Jumat tentang Mensyukuri Nikmat

Daftar Isi

Khotbah Jumat tentang Mensyukuri Nikmat
Abusyuja.com – Berikut adalah teks/naskah khotbah Jumat atau pidato yang berkaitan dengan Mensyukuri Nikmat yang Diberikan Allah Swt. kepada Kita berdasarkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah.

Khotbah Pertama

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الْقَوِيِّ الْمَجِيْدِ، اَلْمُدَبِّرِ لِخَلْقِهِ كَمَا يَشَاءُ وَهُوَ الْفَعَّالُ لِمَا يُرِيْدُ .أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَناَ مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ الْخَلَآئِقِ وَالْبَشَرِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الْمَحْشَرِ.

أَمَّا بَعْدُ: فَيَآأَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقًّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ . قَالَ اللهُ تَعَالَى فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ.

Segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberikan kita kesehatan jasmani maupun rohani sehingga kita bisa berkumpul di sidang Jumat yang berbahagia ini. Di sini, saya berwasiat kepada hadirin semuanya, terkhusus untuk diri saya sendiri, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dan semoga dengan ketakwaan inilah kita akan kembali kepada-Nya dengan selimut rahmat serta kasih sayang-Nya. Amin

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan Allah

Salah satu ciri manusia bertakwa adalah mereka yang mau mensyukuri nikmat yang pernah ia terima. Bersyukur bukanlah sekedar perilaku atau kebiasaan, melainkan sebuah ibadah yang ditujukan kepada Allah Swt.

Apabila syukur adalah ibadah, maka ia akan mengandung konsekuensi siksaan apabila tidak dilaksanakan atau ditinggalkan. Allah Swt. memberi peringatan bahwa barang siapa yang mau bersyukur kepada Allah, niscaya Allah akan menambah nikmatnya. Dan barang siapa yang kufur atas nikmat Allah, pasti ia akan mendapatkan siksaan yang pedih, sebagaimana firman Allah yang tertuang dalam Surat Ibrahim ayat 7.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan Allah

Berbicara syukur tidak akan lepas dari yang namanya nikmat yang kita terima. Nikmat dalam arti segala kebahagiaan, kebaikan, dan anugerah yang bermanfaat. Nikmat secara garis besar terbagi menjadi dua:

Pertama: nikmat fitri, yaitu nikmat yang dibawa semenjak manusia lahir ke dunia. Ada tiga nikmat yang dibawa oleh manusia sejak lahir di dunia, yaitu mata dengan penglihatannya, telinga dengan pendengarannya, dan hati dengan perasaannya.

Kedua: nikmat yang tersedia di dunia ketika manusia lahir. Segala macam keperluan manusia dunia telah diciptakan Allah, seperti air hujan dari langit, berbagai tumbuhan, buah-buahan, sinar mata hari, dan masih banyak lagi.

Hadirin Jamaah Jumat yang Dimuliakan Allah

Bagaimana cara bersyukur? Banyak cara manusia bersyukur. Pertama, manusia harus bersyukur dengan lisan apabila mendapatkan nikmat, baik kecil maupun besar dengan mengucapkan, “Alhamdulillah”.

Kedua, dengan hati, yaitu hati yang selamanya berzikir kepada Allah yang memberi nikmat tersebut.

Ketiga, dengan anggota badan, yaitu melaksanakan perintah yang memberi nikmat itu.

Keempat, apabila yang disyukuri itu harta, maka cara bersyukurnya dengan membelanjakan harta tersebut berdasarkan keinginan yang memberi nikmat (untuk jalan kebaikan).

Kelima, bersyukur itu harus berdasarkan macam-macam nikmat yang kita terima; orang kaya dengan cara mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah; si kuat dengan cara menolong si lemah; orang berpangkat harus memperhatikan rakyat, orang pandai atau berilmu dengan cara mengajarkan ilmunya kepada orang yang bodoh.

Insya Allah, dengan cara demikian kita akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mau bersyukur.

Jamaah Jumat yang Dimuliakan Allah

Bagaimana akibatnya jika manusia tidak mau bersyukur atas nikmat yang ia terima? Allah Swt. berfirman:

وَضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا قَرْيَةً كَانَتْ اٰمِنَةً مُّطْمَىِٕنَّةً يَّأْتِيْهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِّنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِاَنْعُمِ اللّٰهِ فَاَذَاقَهَا اللّٰهُ لِبَاسَ الْجُوْعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوْا يَصْنَعُوْنَ وَلَقَدْ جَاۤءَهُمْ رَسُوْلٌ مِّنْهُمْ فَكَذَّبُوْهُ فَاَخَذَهُمُ الْعَذَابُ وَهُمْ ظٰلِمُوْنَ

"Allah telah membuat suatu perumpamaan sebuah negeri yang dahulu aman lagi tenteram yang rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari setiap tempat, tetapi (penduduknya) mengingkari nikmat-nikmat Allah. Oleh karena itu, Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan karena apa yang selalu mereka perbuat. Sungguh, telah datang kepada mereka seorang rasul dari (kalangan) mereka sendiri, tetapi mereka mendustakannya. Oleh karena itu, mereka ditimpa azab dan mereka itulah orang-orang zalim." (QS. An-Nahl: 112-113)

Negeri yang dimaksud oleh ayat di atas adalah negeri Saba di daerah Yaman, sebuah negeri yang semula aman dan tenteram karena rezekinya datang dari segala tempat, kemudian dihancurkan oleh bencana alam karena penduduk negara tersebut tidak mau bersyukur terhadap nikmat Allah yang sekian banyaknya.

Iman dan takwa ternyata akan menyebabkan turunnya berbagai macam keberkahan, baik dari langi atau dari bumi. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang istiqamah dalam bersyukur, dan semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang beriman dan bertakwa. Amin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.

Khotbah kedua:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ :فَيَآأَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى، وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى: اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا .اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ. اَللّٰهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ، لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ، وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَدَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً، وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ، وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ