Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

Daftar Isi

Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
Abusyuja.com – Terdapat dua kenyataan yang dianggap sebagai ilmu atau pengetahuan. Pertama, kenyataan yang disepakati (agreement reality), yaitu segala sesuatu yang dianggap kenyataan karena manusia mengatakan sebagai kenyataan.

Kedua, kenyataan berdasarkan pengalaman (experimental reality), yakni pengalaman manusia sendiri.

Berdasarkan dua kenyataan tersebut, pengetahuan terbagi menjadi dua jenis. Pertama, ilmu yang diperoleh melalui persetujuan.

Kedua, ilmu yang diperoleh melalui observasi atau pengalaman langsung.

Bidang kajian filsafat ilmu terutama diarahkan pada komponen-komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

Filsafat ilmu merupakan bagian dari filsafat pengetahuan yang secara spesifik mengkaji hakikat ilmu (pengetahuan ilmiah) dan ilmu merupakan cabang dari pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu.

Filsafat ilmu merupakan telaah secara filsafat yang ingin menjawab beberapa pernyataan mengenai hakikat ilmu seperti, objek apa yang ditelaah ilmu, bagaimana mewujudkan hakiki dari objek tersebut, bagaimana hubungan antara objek tadi dan daya tangkap manusia (seperti berpikir, merasa, dan mengindra) yang membuahkan pengetahuan.

Bagaimana proses yang memungkinkan ditambahnya pengetahuan yang berupa ilmu, bagaimana prosedurnya, hal-hal apa yang harus diperhatikan agar kita mendapatkan pengetahuan yang benar, apa yang disebut kebenaran itu sendiri, apakah kriterianya, cara (teknik) sarana apa yang membantu dalam mendapatkan pengetahuan yang berupa ilmu.

Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu digunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral? Bagaimana kaitan antara teknik prosedural yang merupakan operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral/profesional.

Dari pengertian inilah sebenarnya yang mengembangkan pengertian ilmu sebagai sebuah disiplin pengetahuan yang mengembangkan dan melaksanakan aturan-aturan mainnya dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ruang lingkup kajian filsafat ilmu meliputi tiga komponen, yang ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

IKUTI BLOG