Niat Puasa Senin Kamis Beserta keutamaan dan Manfaatnya

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis_Puasa merupakan ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Puasa sendiri adalah menahan nafsu dari terbitnya fajar Shodiq hingga terbenamnya matahari. Puasa terbagi menjadi tiga, puasa wajib, puasa sunnah dan puasa haram.
https://abusyuja.blogspot.com/2019/09/niat-puasa-senin-kamis-beserta-keutamaan-manfaat.html
Puasa wajib atau fardhu adalah ibadah puasa yang masuk kedalam rukun Islam, yaitu puasa yang harus dikerjakan bagi setiap orang muslim yang sudah dewasa (baligh), berakal sehat dan mampu dari segi fisik maupun batin. Contoh : Puasa di bulan suci Ramadhan.

Puasa Sunnah adalah puasa yang statusnya hanya anjuran, yaitu apabila kita melakukannya, kita akan mendapatkan banyak sekali keutamaan dan manfaat dari puasa tersebut. Selain keutamaan dan manfaat, kita juga dijanjikan akan mendapatkan pahala yang besar bagi yang mengamalkannya. Contoh : Puasa Tarwiyah, Puasa Senin Kamis, Puasa Arafah dan masih banyak lagi.

Puasa Tahrim atau haram adalah larangan puasa pada hari-hari tertentu. Jadi, apabila kita melakukannya, kita tidak akan mendapatkan pahala, melainkan dosa. Contoh : Larangan puasa di hari raya, Larangan Puasa Tasyrik dan masih banyak lagi. Baca juga:


Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu ibadah puasa sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan, yaitu puasa senin dan kami. Dibawah ini akan kami jelaskan secara singkat mengenai asal-usul puasa senin dan kamis. Dan kami juga akan sertakan bacaan niat puasa senin kamis beserta manfaatnya.

Asal-usul puasa senin dan kamis

Asal mula puasa senin dan kamis ini berasal dari salah satu hadits riwayat Imam Muslim, Ahmad dan Abu Daud. Pada suatu ketika, ada salah seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah : Ya Rasulullah, kenapa engkau mengamalkan puasa pada hari Senin?, Kemudian Rasulullah SAW menjawab : Ketahuilah, Hari senin adalah hari dimana aku lahir, di hari senin juga aku di utus dan di hari senin juga sebuah wahyu pertama turun kepadaku.

Kemudian sahabat itu bertanya lagi : Lalu bagaimana anda berpuasa pada hari Kamis Ya Rasulullah? Kemudian Rasulullah SAW menjawabnya lagi : Ketahuilah saudaraku bahwa pada hari kamis, semua amal catatan ibadah manusia yang dibawa Malaikat dikumpulkan menjadi satu dihadapan Allah SWT. Jadi, apa engkau tidak bahagia pada saat amalanmu diperiksa, keadaanmu masih beribadah kepadaNya?

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis lengkap dengan Artinya

Puasa senin kamis adalah puasa yang dilakukan pada hari kamis. Berikut bacaan niat puasa senin kamis beserta artinya :

Niat Puasa Hari Senin Arab dan Latin 

https://abusyuja.blogspot.com/2019/09/niat-puasa-senin-kamis-beserta-keutamaan-manfaat.html

Niat Puasa Hari Kamis Arab dan Latin 

https://abusyuja.blogspot.com/2019/09/niat-puasa-senin-kamis-beserta-keutamaan-manfaat.html

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis

  • Menurunkan berat badan Karena kita bisa mengontrol kalori dalam sehari
  • Membuat kita mampu mengendalikan hawa nafsu
  • Membuat kita menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar 
  • Membuat jiwa kita lebih tenang dan tenteram
  • Dapat mengencangkan kulit karena metabolisme dalam tubuh dapat beristirahat yang membuat sel-sel di dalam tubuh bekerja lebih maksimal
  • Dapat Mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh kita 
  • Dan masih banyak lagi

Keutamaan Puasa Senin Kamis

  • Hari kamis adalah hari dimana dibukakan pintu surga
  • Hari Senin dan Kamis merupakan hari pilihan yang disukai Rasulullah SAW
  • Puasa adalah amalan yang langsung dinilai oleh Allah SWT
  • Puasa Senin Kamis adalah amalan yang dicintai Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  • Melatih diri kita agar jangan suka berlebihan dalam mengkonsumsi apapun.
  • Kelak di akhirat akan dilewatkan pintu surga khusus yang bernama Ar-Rayyan
Itulah pembahasan mengenai Niat Puasa Senin Kamis Beserta keutamaan dan Manfaatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel