Arti Lambang IPNU dan IPPNU Lengkap

Abusyuja.com_IPNU dan IPPNU adalah organisasi pelajar yang beranggotakan pemuda usia antara 13 Tahun sampai 25 Tahun. IPNU merupakan singkatan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang didirikan serta pertama kali diketuai oleh Tolhah Mansur pada tanggal 24 Februari 1954. Sedangkan IPPNU singkatan dari Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama yang didirikan pada 2 Maret 1955 yang diketuai oleh Umroh Mahfudhoh.

Baca juga :

Dan pada kesempatan kali ini, kami tidak membahas mengenai sejarah IPNU dan IPPNU, tetapi membahas mengenai arti lambang dari IPNU dan IPPNU. Berikut penjelasannya :

http://www.abusyuja.com/2019/10/arti-lambang-ipnu-dan-ippnu-lengkap.html

Arti Lambang IPNU

 

1. Warna Dasar Hijau, Kuning dan Putih

Warna dasar Hijau pada lambang IPNU memiliki makna subur. Sedangkan warna kuning melambangkan hikmah yang sangat tinggi dan Putih melambangkan kesucian. Sedangkan warna kuning diantara putih melambangkan Hikmah dan cita-cita yang tinggi.

2. Berbentuk Bulat

Lambang organisasi IPNU berbentuk bulat memiliki makna sendiri, yaitu bermakna kontinuitas/ terus-menerus dan Istiqomah.

3. Tiga Titik Diantara Tulisan IPNU

Tiga titik diantara kata Ibnu bermakna Iman, Islam dan Ihsan

4. 6 Strip Pengapit Tulisan IPNU

Sedangkan 6 strip yang mengapit huruf  IPNU memiliki arti atau bermakna rukun iman

5. Bintang

Bintang pada lambang IPNU memiliki arti ketinggian cita-cita

6. Sembilan Bintang

Sedangkan 9 (Sembilan) bintang pada lambang IPNU melambangkan :

  • 1 (satu) bintang paling besar di tengah  adalah Nabi Muhammad SAW. 
  • 4 (empat) bintang di kanan dan kiri melambangkan Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar Siddiq, Umar Bin bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.
  • 4 (empat) bintang di bawahnya bermakna madzhab empat yaitu Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali.

7. Dua Kitab

Dua  kitab pada lambang IPNU melambangkan Alquran dan hadits.

8. Dua Bulu

Dua Bulu bersilang pada lambang IPNU bermakna perpaduan antara ilmu umum dan ilmu agama, sedangkan sudut bintang lima bermakna rukun Islam.

Arti Lambang IPPNU

 

1. Warna Dasar Hijau, Putih dan Kuning

Warna dasar hijau pada lambang IPPNU bermakna  kebenaran, kesuburan dan dinamis

Warna  dan Putih pada lambang IPPNU bermakna kesucian,  kejernihan dan kebersihan

Warna kuning pada lambang IPPNU bermakna hikmah yang tinggi/ kejayaan

2. Bentuk Segitiga

Bentuk segitiga pada lambang IPPNU memiliki arti Iman, Islam dan Ihsan. Sedangkan dua buah garis tepi mengapit warna kuning bermakna dua kalimat syahadat.

3. Sembilan Bintang

9 (sembilan ) bintang melambangkan keluarga dari NU. Pertama bintang yang paling besar di tengah adalah Nabi Muhammad SAW. Kedua : Empat bintang di kanan melambangkan Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar Siddiq. Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan khalifah terakhir yaitu Ali Bin Abi Thalib. Ketiga : 4 bintang di kiri melambangkan mazhab empat yaitu Hanafi Maliki Syafi'i dan Hambali.

4. Dua Kitab

2 (dua) buah kitab pada lambang IPPNU memiliki arti Alquran dan hadis. Sedangkan dua bulu bersilang pada lambang IPPNU bermakna aktif menulis dan membaca untuk menambah wacana berpikir

5. Bunga Melati

2 (dua) bunga Melati pada IPPNU melambangkan perempuan yang dengan kebersihan pikiran dan kesucian hatinya memadukan dua unsur ilmu pengetahuan umum dan agama. Dan yang terakhir lima titik pada lambang IPPNU bermakna rukun Islam.

Itulah Arti Lambang IPNU dan IPPNU Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel